Cara Menyembunyikan Foto dan Video di Kalulator iPhone atau iPad

Menyembunyikan Foto dan Video menggunakan fitur bawaan aplikasi Galeri Foto iPhone maupun iPad tidaklah benar-benar efektif, pengguna yang sudah tahu dapat menemukannya dengan sangat mudah.

Baru-baru ini viral trik menyembunyikan foto atau video ke dalam aplikasi kalkulator iPhone, namun sebelumnya perlu diketahui bahwa aplikasi kalkulator yang digunakan bukanlah aplikasi kalkulator bawaan iPhone, melainkan aplikasi pihak ketiga yang didownload melalui App Store.

Aplikasi ini bekerja seperti layaknya aplikasi Kalkulator, namun ketika pengguna memasukkan angka yang sudah diatur sebelumnya, pengguna akan masuk ke dalam menu yang berisikan foto atau video yang disembunyikan.


Bagaimana terlihat cukup keren bukan? bagi yang tertarik langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut ini.

Cara Menyembunyikan Foto dan Video di Aplikasi Kalkulator iPhone dan iPad

1. Silakan download terlebih dahulu aplikasi berikut: Kalkulator

2. Selanjutnya buka aplikasi Kalkulator tersebut lalu pilih pola keamanan yang diinginkan, disini Admin memilih pola Calculator


3. Kemudian masukkan angka password yang diinginkan, untuk mengkonfirmasi tap simbol %


Aplikasi akan meminta konfirmasi password untuk yang kedua kalinya, silakan masukkan password seperti yang sudah diatur tadi dan tap simbol % untuk mengkonfirmasi.

4. Jika sudah aplikasi akan meminta Email sebagai opsi pemulihan apabila sewaktu-waktu pengguna lupa dengan passwordnya, silakan masukkan Email dan pilih Save atau tap Skip untuk melewati opsi ini


5. Sekarang pilih menu Photos apabila ingin menyembunyikan Foto (tersedia juga pilihan untuk menyembunyikan jenis file lainnya) kemudian pilih Album yang diinginkan atau bisa membuat Album sendiri dengan tap icon folder + di bagian bawah layar.


6. Untuk menambahkan Foto untuk disembunyikan tap menu tanda tambah lalu pilih sumber yang diinginkan (apabila dari Galeri Foto, tap Choose from gallery)


7. Jika sudah izinkan aplikasi untuk mengakses Galeri Foto kemudian pilih foto yang diinginkan lalu tap Done, apabila muncul pesan seperti yang ditunjukkan gambar kedua di bawah berikut, silakan pilih Hapus untuk menghapus foto yang dipilih dari Galeri Foto atau tap Jangan Izinkan untuk tidak menghapusnya


Jika memilih menghapus foto yang ada di Galeri Foto, foto tidak benar-benar terhapus melainkan akan pindah ke menu Baru Dihapus sebelum benar-benar dihapus setelah 30 hari.

8. Sekarang foto yang dipilih telah tersimpan dan disembunyikan dalam aplikasi kalkulator tersebut, setiap kali pengguna menutup aplikasi Kalkulator, silakan masukkan password angka yang sebelumnya sudah diatur untuk mengakses file-file yang disembunyikan


Menyimpan Kembali Foto yang disembunyikan ke Galeri Foto

Untuk mengembalikan foto yang disimpan ke dalam aplikasi Galeri Foto, silakan buka foto yang diinginkan kemudian tap menu / icon Berbagi dan pilih menu Save Photo.


Bagaimana gampang kan? kalian dapat mengeksplorasi sendiri fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi Kalkulator tersebut.

Oh ya, sebenarnya sangat mudah mengetahui seberapa besar file yang disembunyikan dengan cara melihat ukuran dari aplikasi tersebut melalui Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone > Calculator # kemudian cek pada menu Dokumen & Data.

Karena aplikasi ini tidak termasuk dalam aplikasi File Sharing jadi pengguna tidak dapat mengakses data yang tersimpan melalui iTunes atau aplikasi pihak ketiga lainnnya. (Tak terkecuali perangkat dalam keadaan sudah di-jailbreak)

Baik, itu saja informasi cara menyembunyikan foto dan video di aplikasi kalkulator iPhone atau iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.