Cara Setting Personal Hotspot/APN di iOS 15 dan iPadOS 15

Pengguna iPhone dan iPad yang ingin menggunakan fitur Personal Hotspot atau Hotspot Pribadi, yakni fitur yang digunakan untuk membagikan internet dari iPhone/iPad ke perangkat lainnya melalui sambungan WiFi, Bluetooth, hingga USB, perlu memasukkan pengaturan APN jaringan seluler.

Ketika pengaturan APN dimasukkan, secara otomatis fitur Personal Hotspot/Hotspot Pribadi pada iPhone/iPad akan muncul di halaman utama aplikasi Pengaturan.

Selain itu APN juga digunakan oleh operator jaringan seluler untuk mengidentifikasi atau menentukan jaringan pada suatu perangkat. APN bisa dikatakan juga sebagai pintu gerbang (gateway) yang menghubungkan antara pengaturan internet di perangkat dengan jaringan operator seluler.


Cara Setting Personal Hotspot/APN di iOS 15 dan iPadOS 15

Nah, sebenarnya cara mengatur/setting APN atau Personal Hotspot/Hotspot Pribadi hampir sama di setiap versi iOS. Meskipun begitu, karena tidak sedikit pengguna yang bertanya-tanya cara mengatur APN atau Personal Hotspot di iOS/iPadOS 15, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-caranya, terutama bagi yang belum mengetahuinya tentu saja.

1. Pertama langsung saja silakan buka aplikasi Pengaturan (Settings)

2. Kemudian masuk ke menu Seluler (Cellular) > Jaringan Data Seluler (Cellular Data Network)

Pada tahap ini pastikan menu Data Seluler (Cellular Data) sudah dalam keadaan aktif.


3. Sekarang silakan masukan informasi APN pada seluruh kolom APN yang tersedia

Sebagai contoh, bagi pengguna Telkomsel silakan masukan " telkomsel " (tanpa tanda petik ya) pada seluruh kolom APN yang tersedia. Sedangkan untuk kolom Nama Pengguna, Kata sandi dan lain sebagainya tidak perlu diisi.


Berikut daftar nama APN untuk semua operator, dan ingat masukan APN berikut ke seluruh kolom APN yang ada di pengaturan APN iPhone, khusunya menu APN untuk Hotspot Pribadi / Personal Hotspot agar fitur Hotspot dapat digunakan / terbuka.

  • Telkomsel, masukan APN: telkomsel
  • Indosat, masukan APN: indosatgprs
  • XL, masukan APN: internet
  • Smartfren, masukan APN: smartfren4g
  • Axis, masukan APN: axis
  • Tri, masukan APN: 3gprs
  • By.u, masukan APN: byu

4. Terakhir, apabila sudah selesai silakan kembali ke menu utama aplikasi Pengaturan iPhone, kemudian nyalakan menu Mode Pesawat (Airplane Mode) lalu tunggu sekitar 5 detik dan matikan kembali menu Mode Pesawat tersebut. Selesai.

Sebagai Informasi Tambahan, apabila menu Personal Hotspot belum juga muncul silakan tutup aplikasi Pengaturan kemudian buka kembali. Apabila masih belum muncul juga coba restart iPhone (matikan kemudian nyalakan kembali).

Menu Personal Hotspot dapat kalian temukan di dalam halaman utama aplikasi Pengaturan, tepatnya dibawah menu Seluler.


Baik, itu saja informasi cara setting/mengatur Personal Hotspot/APN di iOS 15 dan iPadOS 15. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.