Penyebab Baterai iPhone Malah Berkurang Saat Dicharge

Saat dicharge tentu saja daya baterai akan bertambah hingga penuh, namun apa jadinya jika yang terjadi malah sebaliknya? ketika dicharge baterai iPhone bukannya bertambah malah berkurang sedikit demi sedikit, padahal iPhone juga telah telah menampilkan status dicharge.


Lalu apa penyebabnya dan bagaimana solusi untuk mengatasinya?

Menggunakan iPhone Sambil Dicharge

Salah satu hal yang mungkin menjadi penyebabnya yakni menggunkaan iPhone sambil dicharge, terutama untuk aktivitas yang cukup menguras daya dan performa iPhone. Misalnya bermain game berat, video call berkualitas tinggi dengan jaringan seluler, dan lain sebagainya yang menyebabkan panas berlebih pada iPhone.

Sebagai solusi cobalah untuk tidak menggunakan iPhone ketika sedang dicharge.

Meski begitu baterai iPhone memang seharusnya tidak malah turun ketika dicharge, melainkan pengisian hanya akan menjadi lebih lambat dari biasanya. Untuk itu, coba cek kesehatan baterai iPhone serta gunakan charger yang lain dan lihat hasilnya.

Gunakan Charger Lainnya


Salah satu hal yang umumnya menyebabkan hal tersebut adalah Charger yang sudah mulai menunjukkan gejala kerusakan, atau mungkin memang sudah rusak. Entah itu adaptornya atau kabelnya.

Jadi, silakan coba gunakan charger (adaptor+kabel) yang lain dan lihat hasilnya. Jika dengan charger baru baterai iPhone mau bertambah sebagaimana normalnya, maka memang masalah datang dari charger yang sebelumnya.

Bersihkan Port Charger iPhone

Nah, kemungkinan selanjutnya bisa datang dari port atau lubang charger yang ada pada iPhone tersumbat kotoran. Coba cek dan bersihkan secara perlahan menggunakan bahan yang lembut atau yang tidak menghantarkan listrik, contohnya cotton buds (bisa dipotong ujungnya agar muat), tusuk gigi kayu, lidi, dll.

Cek Kesehatan Baterai iPhone

Sudah coba tidak sambil digunakan, ganti charger serta dibersihkan port chargernya, namun masalah belum juga teratasi? coba cek Kesehatan Baterai (Battery Health) iPhone melalui aplikasi Pengaturan (Settings) > Baterai (Battery) > Kesehatan Baterai (Battery Health).

Apabila pada menu Kapasitas Maksimum (Maximum Capacity) telah menunjukkan angka di bawah 70% apalagi jika sudah melewati 60%, maka kemungkinan besar masalah datang dari komponen baterai pada iPhone itu sendiri yang sudah mengalami penurunan cukup drastis. Selain itu kalian biasanya juga dapat menemukan pesan lainnya yang menunjukkan kondisi baterai.

Secara umum baterai iPhone dapat bekerja dengan normal hingga kesehatannya mencapai sekitar 80%. Lebih jauh di bawah itu, iPhone mungkin akan mengalami beragam masalah mulai dari baterai boros, lemot saat membuka aplikasi, hingga yang paling ekstrem seperti iPhone restart sendiri, sulit dicharge (tidak mau bertambah), bahkan iPhone mati total dan tidak mau menyala lagi sampai baterai diganti.

Update ke iOS Versi Terbaru

Selanjutnya jika memungkinkan coba juga untuk mengupdate iOS ke versi terbaru yang tersedia saat ini.

Caranya, buka aplikasi Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Pembaruan Perangkat Lunak (Software Update) kemudian download dan install update iOS terbaru apabila tersedia. Gunakan WiFi atau jaringan seluler 5G (jika ada) untuk men-download update.


Solusi Terakhir...

Apabila seluruh cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil, disarankan untuk membawa iPhone yang bermasalah tersebut ke service center authorized Apple atau layanan perbaikan serupa yang telah terpecaya, agar dapat dicek lebih lanjut penyebab kerusakannya.

Baik, itu saja informasi penyebab serta cara mengatasi baterai iPhone yang malah berkurang ketika dicharge. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.