Cara Mengatasi Kamera iPhone Tidak Bisa Scan Barcode/QR Code

Tidak sedikit pengguna yang melaporkan bahwa aplikasi Kamera bawaan iPhone tidak dapat scan atau mendeteksi Barcode serta kode QR.

Khusus untuk yang tidak bisa mendeteksi Barcode, hal tersebut normal, sebab sampai postingan ini ditulis aplikasi Kamera bawaan iPhone memang hanya mendukung scan untuk kode QR dan tidak untuk Barcode.


Namun begitu, iPhone sebenarnya memiliki fitur bawaan yang digunakan secara khusus untuk scan kode QR serta Barcode. Hanya saja fitur ini terpisah dan tidak tergabung dalam aplikasi Kamera bawaan iPhone.

Fitur atau aplikasi ini adalah Pemindai Kode/Code Scanner yang dapat diakses melalui Pusat Kontrol (harus ditambahkan terlebih dahulu), maupun membuka aplikasinya langsung melalui Pencarian/Search.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Aktifkan Pengaturan "Pindai Kode QR" (khusus QR Code)

Cara ini khusus bagi yang aplikasi Kamera bawaannya tidak bisa mendeteksi kode QR. Ingat, untuk Barcode memang tidak didukung dan harus menggunakan cara kedua di bawah.

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Kamera (Camera)

3. Sekarang pastikan menu Pindai Kode QR (Scan QR Codes) dalam keadaan aktif


4. Terakhir silakan coba kembali untuk memindai kode QR melalui aplikasi Kamera bawaan iPhone

Melalui Pusat Kontrol/Control Center

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Pusat Kontrol (Control Center)

3. Lalu cari dan tambahkan (tap icon "+") pada menu Pemindai Kode (Code Scanner)


Informasi tambahan, kalian juga dapat mengatur posisi menu Code Scanner di Control Center dengan cara tap dan tahan icon 3 garis disamping menu, lalu seret ke atas atau bawah (urutkan) sesuai keinginan.

4. Jika sudah langsung saja buka Pusat Kontrol/Control Center iPhone dan tap pada menu Code Scanner yang tadi sudah ditambahkan

Melalui Pencarian/Search

Aplikasi Code Scanner memang tidak tampil di Home Screen iPhone, namun pengguna dapat dengan mudah mengaksesnya melalui halaman Pencarian/Search dengan mengetikan kata kunci "Pemindai Kode" atau dalam Bahasa Inggris-nya "Code Scanner".


Selain kedua cara di atas kalian juga dapat membuka fitur/aplikasi Scanner ini melalui perintah Virtual Assistant, Siri.

Nah, melalui Pemindai Kode/Code Scanner itulah pengguna iPhone dapat melakukan scan Barcode maupun kode QR.

Ingat, aplikasi Kamera bawaan iPhone sampai postingan ini ditulis (iOS 15) hanya mendukung scan langsung untuk kode QR saja. Sedangkan untuk Barcode dapat menggunakan fitur atau aplikasi Pemindai Kode/Code Scanner bawaan iPhone.

Oke, itu saja informasi cara mengatasi kamera iPhone yang tidak bisa scan barcode. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.