iPhone Sering ter-Silent Sendiri? Berikut Penyebabnya

Tidak sedikit pengguna yang melaporkan bahwa iPhone mereka seringkali ke-silent/ter-silent dengan sendirinya, sehingga peringatan adanya notifikasi pesan maupun panggilan seringkali malah jadi tidak diketahui.

Lalu apa sih penyebabnya dan bagaimana solusinya untuk mengatasinya? apa saja yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa iPhone tidak ter-silent sendiri untuk kedepannya?

Cek Tombol Silent iPhone

Secara tidak sadar mungkin saja kalian telah mengubah posisi tombol Silent iPhone sehingga membuat iPhone menjadi Silent.

Tombol Silent iPhone terletak di samping kiri atas iPhone. Apabila tombol/switch menunjukkan warna orange berarti Silent iPhone dalam keadaan aktif.


Cek Fitur Fokus (Jangan Ganggu/Do Not Disturb)

Fokus merupakan fitur baru yang diperkenalkan oleh Apple melalui iOS/iPadOS 15. Fitur ini berfungsi untuk mengheningkan/silent suara notifikasi maupun peringatan dengan tujuan agar pengguna lebih fokus dan tidak terganggu.

Nah, jadi, pastikan kalian tidak sedang mengaktifkan fitur ini, untuk memeriksanya kalian dapat melihat apakah ada icon bulan sabit di status bar sebelah kiri iPhone, atau silakan buka Pusat Kontrol/Control Center kemudian tap pada icon bulan sabit untuk mengatur (mengaktifkan/menonaktifkan) fitur Fokus.


Cek AssistiveTouch

Menggunakan AssistiveTouch? mungkin saja kalian secara tidak sengaja mengaktifkan menu Silent iPhone melalui AssistiveTouch tersebut.

Untuk memeriksanya langsung saja buka AssistiveTouch lalu pilih menu Perangkat dan tap menu Bunyikan jika ternyata memang Silent ternyata diaktifkan.


Cek Fitur Ringkasan Pemberitahuan

Ringkasan Pemberitahuan/Notification Summary merupakan fitur yang pertama kali diperkenalkan melalui iOS 15 oleh Apple. Secara singkat fitur ini akan menahan seluruh notifikasi pada aplikasi yang telah diatur, kemudian notifikasi tersebut akan dikirimkan di satu waktu yang telah diatur juga.

Nah, sebelumnya apakah kalian telah mengaktifkan fitur ini? untuk memeriksanya silakan buka aplikasi Pengaturan (Settings) > Notifikasi (Notification).


Solusi Lainnya...

  • Coba Restart iPhone (matikan kemudian nyalakan kembali)
  • Besarkan Suara notifikasi iPhone melalui Pengaturan (Settings) > Bunyi & Haptik (Sounds & Haptics)
  • Coba update ke iOS versi terbaru yang tersedia melalui Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Pembaruan Perangkat Lunak (Software Update)
  • Pertimbangkan untuk Reset Pengatuan iPhone melalui Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Transfer atau Atur Ulang iPhone (Transfer or Reset iPhone) > Atur Ulang (Reset)
  • Pertimbangkan juga untuk menghapus kemudian menginstall ulang aplikasi yang bermasalah

Oke itu saja informasi penyebab dan cara mengatasi iPhone yang sering ter-silent sendiri. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.