Mengapa iPhone Terasa Panas di Bagian Atas dekat Kamera?

Sangat wajar ketika suhu iPhone akan terasa lebih panas saat sedang digunakan maupun dicharge, bahkan panas dapat meningkat cukup drastis ketika digunakan untuk aktivitas yang cukup berat misalnya seperti bermain game, merekam video berkualitas tinggi, dan lain sebagainya.


Nah, tidak sedikit pengguna iPhone yang mungkin penasaran kemudian mendapati bahwa area bagian belakang atas iPhone dekat Kamera, terasa sangat panas ketika disentuh, seolah-olah panas seluruh iPhone bersumber dari sana.

Lalu apakah hal tersebut normal? atau ada yang salah?

iPhone Bagian Atas Dekat Kamera Terasa Sangat Panas, Mengapa?

Panas di area bagian belakang atas iPhone tepatnya dekat kamera, sangatlah wajar, sebab di area tersebut terdapat Chip yang bertugas untuk menangani beragam aktivitas pada iPhone. Suhu pada Chip akan meningkat jauh lebih panas ketika menangani beragam aktivitas yang menguras performa seperti menjalankan game.

iPhone sendiri menggunakan pendingin pasif, yakni panas pada Chip akan disalurkan ke area rangka iPhone yang dapat menghantarkan panas, guna melepas panas tersebut ke udara.

Jika kalian perhatikan gambar di bawah, yang ditunjukkan oleh tanda panah merupakan Chip pada iPhone.


Selain Chip, komponen Baterai dan Layar juga menyumbang panas tertinggi. Meningkatnya suhu Baterai disebabkan oleh kebutuhan daya tinggi yang dibutuhkan iPhone ketika menjalankan aktivitas yang intensif (contoh: bermain game). Sedangkan panas pada Layar lebih umum disebabkan oleh tingginya kecerahan layar dan efek dari panas yang datang dari Chip serta Baterai.

Bagaimana Cara Mengurangi Panas Berlebih pada iPhone?

  • Hindari menggunakan iPhone secara berlebihan ketika iPhone sedang di-charge
  • Hindari paparan sinar matahari langsung ke iPhone
  • Jangan meninggalkan iPhone di dalam mobil pada cuaca panas
  • Gunakan iPhone di ruangan atau area yang teraliri udara segar/dingin
  • Kurangi kecerahan layar atau gunakan kecerahan otomatis
  • Nonaktifkan GPS/Layanan Lokasi jika memungkinkan
  • Lepas case pada iPhone ketika sedang di-charge
  • Jika memungkinkan gunakan Mode Daya Rendah/Low Power Mode (dapat menurunkan performa maksimal iPhone, tidak disarankan untuk gaming)

Panas pada iPhone umumnya tidak perlu dikhawatirkan selagi masih dalam batas wajar. Apple sendiri menyarankan pengguna untuk mengoperasikan iPhone pada ruangan dengan suhu antara 0º hingga 35 ºC. Apabila panas pada iPhone telah melampaui batas wajar, maka iPhone akan menampilkan pesan peringatan untuk mendinginkan iPhone terlebih dahulu, sebelum dapat digunakan dengan normal kembali.

Selain itu untuk penggunaan jangka panjang, panas berlebih juga tidak baik bagi usia iPhone terutama untuk kesehatan baterai.