Memperbaiki iPhone yang Tiba-Tiba Mati dan Tidak Bisa Dicharge

iPhone tiba-tiba mati total dan tidak mau menyala lagi? sudah coba ditekan tombol Power serta dicharge namun tetap tidak mau menyala juga?


Jika ya, sebelum mengambil kesimpulan bahwa kemungkinan besar kerusakan berasal dari salah satu komponen pada iPhone, kalian dapat mencoba mengatasinya dengan mengikuti cara-cara berikut:

Lakukan Force Restart/Restart Paksa iPhone

Tidak jarang iPhone yang tiba-tiba mati tersebut hanya disebabkan oleh Bug atau Kesalahan Sistem iOS, yang mana sebenarnya iPhone dalam kondisi hidup namun tidak bisa merespon apa-apa, termasuk layar yang yang tidak menyala.

Force Restart atau Restart Paksa merupakan metode yang digunakan untuk me-restart atau mengulang kembali sistem operasi iOS pada iPhone secara paksa (seperti mematikan iPhone kemudian menyalakannya kembali).

Cara ini digunakan untuk memperbaiki kesalahan tiba-tiba yang terjadi pada sistem sehingga menyebabkan iPhone tidak mau merespon apapun (stuck, freeze, hang).

Bagi yang belum mencobanya, langsung saja ikuti cara Force Restart di iPhone berikut ini.

Khusus iPhone 8, X, XR, XS, 11, 11 Pro Max, SE 2, 12, 12 Mini, 12 Pro, dan seterusnya:

  • Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
  • Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
  • Tekan dan Tahan terus tombol Power / Lock hingga iPhone restart

Khusus untuk iPhone 7 dan iPhone 7 Plus:

  • Tekan dan Tahan terus tombol Volume Bawah bersamaan dengan tombol Power / Lock hingga iPhone Restart

Khusus iPhone SE, 6S, 6S Plus, SE, 6, 5S, dan seterusnya:

  • Tekan dan Tahan terus tombol Power/Lock bersamaan dengan tombol Home/Utama hingga iPhone Restart

Apabila berhasil maka akan muncul logo Apple di layar yang menjadi pertanda bahwa iPhone berhasil direstart paksa serta segera akan berfungsi normal kembali ketika restart selesai. Setelah itu, jangan lupa juga untuk mengupdate iOS ke versi terbaru untuk mencegah hal serupa dapat terulang kembali.

Namun apabila tidak berhasil coba lakukan cara di atas ketika iPhone sedang dalam kondisi dicharge. Ulangi hingga beberapa kali untuk memastikan bahwa cara ini memang tidak bekerja.

Gunakan Charger Lainnya dan Bersihkan Port Charger

Jika memungkinkan coba juga gunakan charger iPhone lainnya untuk memastikan bahwa charger yang sebelumnya digunakan tidak bermasalah.

Selain itu cek juga lubang port charger pada iPhone apakah terdapat kotoran atau debu yang menumpuk atau tidak, jika ya silakan bersihkan dengan bahan yang halus serta tidak menghantarkan listrik seperti cotton buds, tusuk gigi kayu halus, dan lain sebagainya.

Apakah Muncul Logo Baterai Lemah pada Layar iPhone?

Ketika iPhone dicharge apakah muncul logo baterai pada layar iPhone? jika ya coba tunggu hingga beberapa saat atau coba gunakan charger lainnya. Namun jika tidak sama sekali serta sudah mencoba metode Force Restart di atas dan tidak juga berhasil, ada kemungkinan bahwa penyebabnya berasal dari salah satu komponen hardware pada iPhone.

Solusi Lainnya...

Sudah menggunakan metode Force Restart, dicharge hingga berjam-jam, dan beberapa metode penanganan cepat lainnya, namun iPhone juga tidak mau menyala, maka disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke service center authorized Apple atau layanan perbaikan yang sudah terpercaya untuk dicek lebih lanjut penyebabnya.

Umumnya komponen baterai yang mengalami kerusakan adalah salah satu penyebab mengapa iPhone tidak mau menyala sama sekali, meski begitu komponen lainnya seperti layar atau mesin utama tidak menutup kemungkinan juga dapat menjadi penyebabnya.