Cara Cek dan Menghentikan Penyadapan di iPhone

Tidak sedikit pertanyaan yang seringkali Admin temukan soal: Bagaimana Cara Menghentikan Penyadapan di Hp iPhone?


Seperti yang diketahui bahwa iPhone sendiri merupakan salah satu smartphone dengan tingkat keamanan super tinggi dan kuat. Meski begitu tidak menutup kemungkinan juga iPhone bisa disadap, biasanya karena kecerobohan pengguna misalnya membagikan informasi akun dan password, menginstall sembarangan aplikasi di luar App Store, melakukan jailbreak dan menginstall dari sumber yang tidak dipercaya, dan lain sebagainya.

Nah, sebelumnya apakah penyadapan yang dimaksud merupakan penyadapan terhadap lokasi? atau penyadapan terhadap akses Foto, Kontak, Pesan, dan lain sebagainya? jika ya, artikel di bawah berikut mungkin dapat membantu kalian.

Cek Siapa Saja yang Bisa Melacak Lokasi iPhone Kalian

Untuk mengetahui siapa saja sih yang bisa melacak/memata-matai lokasi iPhone kalian, langsung saja buka aplikasi Lacak/Find My atau masuk ke aplikasi Pengaturan > (ID Apple, iCloud, Media & Pembelian) > Lacak, selanjutnya silakan cek akun siapa saja yang dapat melacak lokasi iPhone kalian.


Selain itu kalian juga dapat menghentikan berbagi lokasi tersebut, caranya langsung saja tap pada akun yang diinginkan lalu pilih Berhenti Bagikan Lokasi.

Dengan begitu akun tersebut sudah tidak dapat mengetahui Lokasi iPhone kalian lagi.

Cek History/Riwayat Lokasi yang Sering/Pernah Dikunjungi

Secara bawaan iPhone akan mempelajari tempat yang penting bagi pengguna untuk tujuan memberikan layanan informasi mengenai lokasi di Peta, Foto, Kalendar, dan lain sebagainya. Informasi lokasi tersebut dienkripsi dan tidak bisa dibaca oleh Apple, hanya pengguna yang memiliki akses ke iPhone sajalah yang dapat melihatnya.

Nah, maka dari itu apabila kalian bukanlah satu-satunya orang yang memiliki akses ke iPhone tersebut, fitur ini bisa juga dijadikan sebagai indikator tempat yang pernah kalian kunjungi, karena terdapat history/riwayat lokasi yang disimpan di sana.

Untuk mengetahui, membersihkan, dan menonaktifkan fitur tersebut langsung saja buka aplikasi Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi > Layanan Sistem > Lokasi Penting, contohnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah berikut:


Cek Profil Konfigurasi

Sebelumnya pastikan iPhone tersebut merupakan iPhone milik kalian pribadi dan bukan milik suatu lembaga, perusahaan, organisasi, dll. sebab ada kemungkinan iPhone tersebut telah menggunakan MDM (Mobile Device Management) atau profil konfigurasi yang biasanya digunakan oleh suatu perusahaan, lembaga, dll. untuk membatasi dan memantau aktivitas pada perangkatnya yang digunakan/pinjamkan ke anggotanya.

Untuk mengeceknya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Manajemen Profil dan Perangkat. Apabila terdapat Profil yang tidak diketahui asal-usulnya kalian dapat mencoba menghapusnya, namun sebelum itu sekali lagi pastikan bahwa iPhone tersebut merupakan iPhone kalian pribadi. Jika ternyata tidak, atau memang milik suatu perusahaan, lembaga, organisasi, dll. hanya Administrator sajalah yang dapat melakukannya.

Jangan Sebarkan Informasi Akun iCloud (Ubah Password)


Jangan pernah membagikan akun iCloud kalian ke orang lain yang tidak dipercaya (usahakan biarlah menjadi rahasia pribadi).

Sebab dengan akses ke akun iCloud, bukan hanya lokasi saja, namun data-data yang tersimpan otomatis ke iCloud seperti Foto, Kontak, Riwayat Safari, Catatan, Kalender, dan lain sebagainya, dapat dengan mudah diakses, entah login melalui website iCloud di komputer, iPhone, bahkan smartphone lainnya.

Apabila ragu ada seseorang yang mengetahui akun iCloud kalian, segera ubah passwordnya melalui Pengaturan > ID Apple, iCloud, Media & Pembelian > Kata Sandi & Keamanan > Ubah Kata Sandi.

Hapus Aplikasi yang Mencurigakan

Apakah kalian menemukan aplikasi yang mencurigakan dan tidak diketahui asal-usulnya serta fungsinya untuk apa? jika ya pertimbangkan untuk menghapus aplikasi tersebut. Namun sebelum itu pastikan juga bahwa iPhone tersebut benar-benar milik kalian pribadi.

Tips Tambahan Menghentikan dan Menghindari Penyadapan di iPhone


  • Jangan pernah memberikan informasi akun iCloud ke orang yang tidak dipercaya/dikenal
  • Ubah password iCloud jika ragu ada yang mengetahuinya
  • Hindari menginstall sembarang aplikasi di luar App Store
  • Cek dan atur izin aplikasi melalui Pengaturan > Privasi
  • Hapus aplikasi yang mencurigakan
  • Selalu rutin update iOS ke versi terbaru yang tersedia
  • Untuk keamanan ekstra disarankan untuk tidak menggunakan iPhone yang sudah lawas atau tidak lagi mendapatkan dukungan update iOS dari Apple

Apabila masih ragu, silakan pertimbangkan untuk mereset iPhone ke Pengaturan Pabrik (backup terlebih dahulu data-data penting) melalui Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone.

Baik itu saja cara cek dan menghentikan penyadapan di hp iPhone. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.