Cara Mengatasi iPhone No Service Setelah Update ke iOS 15

iPhone kehilangan sinyal setelah update ke iOS 15 yang diikuti pesan no service, tidak ada layanan, atau no sim card installed?


Jika begitu pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-cara yang dapat kalian coba untuk memperbaiki masalah tersebut.

1. Restart Jaringan iPhone

Pertama coba restart jaringan iPhone dengan cara mengaktifkan Mode Pesawat (Airplane Mode) kemudian menonaktifkannya kembali. Apabila berhasil iPhone akan mulai menampilkan jaringan.

2. Cek Pilihan Jaringan iPhone

Pastikan pengaturan "Pilihan Jaringan" di iPhone telah diatur ke dalam mode Otomatis. Untuk memastikannya silakan buka aplikasi Pengaturan > Seluler > Pilihan Jaringan kemudian aktifkan menu Otomatis jika sebelum tidak.


3. Restart/Force Restart iPhone

Memulai ulang sistem iPhone adalah cara yang tidak boleh dilewati untuk memperbaiki SIM Card yang tidak mau terbaca. Sederhananya silakan coba matikan iPhone kemudian nyalakan kembali, atau bisa langsung mengikuti cara Force Restart/ Restart Paksa berikut ini.

Untuk iPhone 8, SE2, X, XR, XS, 11, 12, dst.

  • Tekan tombol Volume Atas lalu lepas
  • Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas
  • Tekan dan Tahan terus tombol Power/Lock hingga iPhone Restart/menampilkan logo Apple

Untuk iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

  • Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan Power/Lock secara bersamaan hingga iPhone Restart/menampilkan logo Apple

Untuk 6S, 6, 5S, 5, 4S, dst.

  • Tekan dan Tahan tombol Home dan Power/Lock secara bersamaan hingga iPhone Restart/menampilkan logo Apple

4. Cek Kualitas Jaringan Sekitar

Adanya gangguan atau perbaikan jaringan merupakan salah satu penyebab sinyal iPhone menghilang tiba-tiba.

Silakan cek hp lainnya yang menggunakan Kartu SIM dari operator jaringan yang sama dengan yang digunakan di iPhone, apakah mendapatkan sinyal atau tidak.

5. Bersihkan dan Pasang Kembali Kartu SIM

Cabut kartu SIM lalu bersihkan dengan kain halus dan kering, kemudian coba pasang kembali. Pastikan SIM Tray atau tempat kartu SIM telah terpasang sepenuhnya dengan baik/rapat.


6. Coba Gunakan Kartu SIM Lainnya

Coba gunakan kartu SIM lainnya (yang baru jika memungkinkan) dan lihat hasilnya. Apabila bisa terbaca dan menangkap sinyal ada kemungkinan kartu yang sebelumnya bermasalah, sudah tidak aktif, atau lewat masa tenggang (silakan hubungi Costumer Service sesuai operator yang digunakan).

Namun apabila SIM card baru juga tidak bisa terbaca, cek langkah selanjutnya.

7. Cek Jaringan iPhone, Lock atau Unlock

Khususnya bagi yang baru saja membeli iPhone, cek apakah iPhone kalian terikat kunci oleh salah satu operator (lock carrier) atau bebas menggunakan kartu SIM manapun (unlock).

Caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai kemudian perhatikan menu Kunci Operator.

Apabila menunjukkan "Tidak ada pembatasan SIM" maka iPhone tersebut Unlock, yakni dapat menggunakan kartu SIM dari provider manapun. Sementara apabila menu menujukkan nama operator jaringan tertentu, kemungkinan iPhone tersebut merupakan iPhone Lock, yakni terikat kontrak dengan salah satu operator sehingga hanya dapat menggunakan kartu SIM dari operator tersebut saja.

8. Reset Pengaturan Jaringan iPhone

Coba reset pengaturan jaringan iPhone melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Jaringan.


Jika sudah coba cek dan lihat hasilnya.

9. Update Pengaturan Jaringan iPhone

Coba buka aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai atau hubungkan iPhone ke komputer dan buka aplikasi iTunes. Apabila tersedia biasanya akan muncul menu untuk mengupdate pengaturan jaringan iPhone.

10. Reset iPhone ke Pengaturan Pabrik

Silakan pertimbangkan untuk mereset iPhone kembali ke pengaturan pabrik, namun perlu diketahui bahwa cara ini akan menghapus seluruh data-data pada iPhone, jadi silakan dibackup terlebih dahulu.

Ingat! backup data-data penting terlebih dahulu sebab data-data pada iPhone seluruhnya akan dihapus. Jika sudah siap, langsung saja buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Hapus Konten & Pengaturan.

Downgrade ke iOS 14

Seluruh cara-cara di atas tidak ada yang membuahkan hasil? pertimbangkan untuk downgrade kembali ke iOS sebelumnya atau iOS 14 sampai Apple menemukan dan memperbaiki masalah ini di update iOS 15 selanjutnya.

Bagi yang ingin downgrade kembali ke iOS 14, silakan ikuti cara-cara lengkapnya pada postingan berikut: Cara Lengkap Downgrade dari iOS 15 Kembali ke iOS 14

Apakah iPhone Hasil ByPass?

ByPass merupakan metode yang digunakan untuk membuka pembatasan jaringan pada iPhone Lock Carrier, sehingga iPhone dapat menggunakan jaringan dari operator manapun tanpa batasan.

Namun sayangnya metode ByPass ini umumnya sangat tergantung pada versi iOS, sehingga mengupdate ke iOS versi terbaru biasanya akan menghilangkan akses ByPass tersebut dan iPhone akan terkunci jaringan kembali.

Solusi Terakhir...

Apabila cara-cara di atas tidak ada satupun yang membuahkan hasil, disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke service center Authorized Apple di Indonesia agar dapat dicek lebih lanjut penyebab dan solusi mengatasinya.

Oke, itu saja informasi cara mengatasi iPhone No Service/Tidak Ada Layanan setelah update ke iOS 15. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan, atau mungkin tambahkan? langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.