Kenapa Harga iPad Lebih Murah dari iPhone?

Penasaran mengapa harga iPad lebih murah dibandingkan iPhone? ya meskipun tidak semuanya karena iPad juga memiliki versi yang mahal, namun untuk harga rata-rata seluruh model iPad jika dibandingkan dengan iPhone, tentu harga iPhone terbilang lebih mahal.

Jadi, apa alasan iPad lebih murah dari iPhone atau iPhone lebih mahal dari iPad? padahal iPad kan layarnya besar? bukankah begitu?

Ukuran iPhone Lebih Kecil


Ukuran iPad yang besar bukan berarti iPad akan jauh lebih mahal dari iPhone.

iPhone dirancang semakin canggih dan kuat namun tetap dalam ukuran yang ringan/ringkas sehingga dapat digunakan dan dibawa ke mana-mana dengan mudah. Contohnya seperti menaruh iPhone di dompet atau saku celana.

Dapat memuat beragam komponen dengan teknologi yang lebih canggih dalam satu wadah kecil seperti iPhone, memiliki tingkat kesulitan tinggi serta membutuhkan ketelitian dan desain konstruksi yang terbilang cukup mahal.

Sedangkan iPad dengan ukurannya yang besar, dapat memuat banyak komponen yang mungkin desain dan ketelitiannya tidak sesulit iPhone.

Kamera iPhone Lebih Canggih


Hampir seluruh iPhone memiliki kamera yang jauh lebih canggih/unggul dibandingkan iPad. Sebab rata-rata pengguna iPhone tentu menggunakan kamera sebagai fitur utama, sedangkan rata-rata pengguna iPad tidak terlalu mementingkan kamera karena ukurannya yang besar serta harus digenggam menggunakan dua tangan.

Kualitas Layar iPhone Lebih Baik


Meskipun tidak semuanya, namun hampir rata-rata iPhone memiliki kualitas layar yang jauh lebih canggih, seperti layar OLED yang dimiliki oleh iPhone X, iPhone 11 Pro, serta jajaran iPhone 12.

Konektivitas iPhone Lebih Unggul


Beberapa model iPad dengan harga yang lebih mahal, sudah mendukung penggunaan data seluler melalui kartu SIM.

Meskipun begitu iPhone tetap jauh unggul dalam hal konektivitas, contohnya saja seperti dapat melakukan panggilan telepon biasa, NFC, dukungan dual SIM, serta Chip Ultra Wideband.

Memiliki Banyak Fitur


Beberapa fitur pada iPhone seperti efek getaran saat berinteraksi dengan layar (Taptic Engine), Audio Spasial, Audio Dolby Atmos, Aplikasi Kalkulator, serta pengisian daya Wireless, merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki oleh iPhone.

Banyaknya fitur tambahan tersebutlah yang menyebabkan mengapa harga iPhone lebih mahal dari iPad.

iPhone vs iPad

iPhone merupakan perangkat seluler yang kecil dan memiliki ukuran bervariasi, berperforma tinggi, memiliki kualitas kamera, layar, dan konektivitas yang lebih lengkap, mudah dibawa kemana-mana, lebih cocok untuk sosial media, serta memiliki banyak fitur unggulan lainnya.

Di sisi lain iPad juga merupakan perangkat yang unggul untuk beragam hal, misalnya layar yang besar sehingga cocok digunakan untuk konsumsi media atau bermain game, sebagai pengganti laptop untuk mengetik (dengan keyboard tambahan), desain/gambar (dengan pen tambahan), dan lain sebagainya.