Mengapa iPad Tidak Memiliki Aplikasi Kalkulator?

Bagi yang sudah lama menggunakan iPad mungkin sudah tidak heran lagi soal absennya aplikasi Kalkulator, namun bagi yang baru pertama kali menggunakan iPad hal ini mungkin terasa cukup aneh.


Yup, iPad sendiri sejak pertama kali dirilis memang tidak menyertakan aplikasi Kalkulator, meskipun terlihat sederhana namun nyatanya iPad tidak memilikinya. Mengapa dan apa alasan dibalik absennya aplikasi sesederhana "Kalkulator"?

Dikutip dari wawancara kepala perangkat lunak Apple Craig Federighi dalam acara tanya jawab yang dilakukan YouTuber Marques Brownlee, menjelaskan bahwa absennya aplikasi Kalkulator pada iPad diakibatkan oleh "belum ditemukannya desain terbaik aplikasi kalkulator untuk iPad".

Menurut Federighi, "Ada beberapa hal yang belum kami lakukan karena kami ingin melakukan sesuatu yang benar-benar hebat di ruang itu. Kami ingin melakukannya ketika kami dapat melakukannya dengan sangat, sangat baik. Dan sejujurnya kami belum sempat melakukannya dengan baik."

Perlu diketahui juga sebelumnya Apple telah berencana untuk memasukan aplikasi Kalkulator ke dalam iPad, namun hal tersebut ditolak oleh salah satu pendiri Apple, Steve Jobs, karena alasan aplikasi Kalkulator yang akan digunakan merupakan versi aplikasi Kalkulator iPhone yang diperbesar untuk layar iPad.

Meski begitu Federighi juga mencatat bahwa tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti Apple akan menghadirkan aplikasi sejenis Kalkulator untuk iPad.

Sebagai pengganti hingga Apple benar-benar menghadirkan aplikasi Kalkulator untuk iPad, kalian bisa mendownload aplikasi Kalkulator pihak ketiga yang banyak bertebaran di App Store.

[Sumber Referensi: ubergizmo]