Penyebab dan Cara Mengatasi Keyboard iPhone Tidak Berfungsi Sebagian

Tidak sedikit pertanyaan dari pengguna iPhone yang sering Admin temukan soal, kenapa keyboard iPhone tidak berfungsi sebagian? atau kenapa huruf/angka tertentu pada keyboard iPhone tidak bisa ditekan?

Penyebab Keyboard iPhone Tidak Berfungsi Sebagian


Umumnya keyboard pada iPhone yang tidak dapat berfungsi sebagian disebabkan oleh kerusakan pada layar, yakni area pada layar (tempat keyboard tidak berfungsi) tidak dapat merespon sentuhan.

Kemungkinan lainnya datang dari Bug pada iOS, yakni akibat kesalahan sistem iPhone.

Cara Mengatasi Keyboard iPhone Tidak Berfungsi Sebagian

Sebelumnya perlu diketahui juga bahwa cara ini mungkin hanya dapat memperbaiki masalah yang berhubungan dengan Bug/Kesalahan pada sistem (iOS).

1. Restart/Force Restart iPhone

Restart atau Force Restart merupakan salah satu cara terbaik dalam menangani beragam masalah yang disebabkan oleh bug pada sistem. Dengan restart iPhone akan menyegarkan kembali sistemnya dengan harapan bahwa fungsi yang bermasalah dapat teratasi dan normal kembali.

Untuk merestart iPhone kalian dapat melakukannya dengan cara mematikan iPhone kemudian menyalakannya kembali. Jika ingin cepat (termasuk ketika iPhone tidak bisa merespon apapun), silakan gunakan metode Force Restart berikut:

Untuk iPhone 8, SE 2, X, XR, XS, 11, 12, dst.

  • Tekan tombol Volume Atas lalu lepas
  • Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas
  • Tekan dan Tahan tombol Power/Lock hingga iPhone restart/menampilkan logo Apple

Untuk iPhone 7 dan 7 Plus

  • Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan Power/Lock secara bersamaan hingga iPhone restart/menampilkan logo Apple

Untuk iPhone 6S, 6, SE, 5S, 5, 4S, dst.

  • Tekan dan Tahan tombol Home dan Power/Lock secara bersamaan hingga iPhone restart/menampilkan logo Apple

2. Update ke iOS Versi Terbaru

Selanjutnya coba update ke iOS versi terbaru yang tersedia saat ini melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Apabila tersedia silakan update ke iOS versi terbaru yang tersedia tersebut dan lihat hasilnya.

3. Reset Pengaturan iPhone

Pertimbangkan untuk mereset Pengaturan iPhone ke pengaturan default/awal (tanpa menghapus data). Namun ingat, cara ini akan mereset seluruh pengaturan jaringan, susunan/letak icon aplikasi, dan lain sebagainya.

Untuk melakukannya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.

Kemungkinan Layar Rusak


Apabila cara-cara di atas sudah dilakukan namun sebagian tombol pada keyboard tidak juga dapat berfungsi. Silakan cek kemungkinan kerusakan layar dengan menyentuh area pada layar tempat keyboard tidak berfungsi di aplikasi/menu lainnya.

Apabila area pada layar tempat keyboard tidak berfungsi tersebut, tidak berfungsi juga di aplikasi/menu lainnya, maka ada kemungkinan layar pada iPhone telah mengalami kerusakan terutama apabila layar telah mengalami keretakan atau setelah terbentur.

Untuk informasi kerusakan yang lebih pasti dan solusi memperbaikinya, disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke service center Apple authorized di Indonesia atau layanan service iPhone terpercaya lainnya.