Sebagian Layar iPhone Tidak Bisa Disentuh atau Berfungsi

Sebagian layar iPhone tidak berfungsi ketika disentuh? jika ya, maka kalian tidak sendiri, cukup banyak pengguna yang melaporkan bahwa layar di iPhone mereka sebagian tidak dapat berfungsi dengan normal, entah itu di area sebelah kanan, kiri, bawah, atas, atau tengah saja.

Penyebab Sebagian Layar iPhone Tidak Bisa Disentuh atau Berfungsi


Sebagian layar iPhone yang tidak bisa disentuh, umumnya disebabkan adanya masalah atau kerusakan pada komponen layar. Pemicunya seperti iPhone terjatuh, layar retak, terkena air, hingga merupakan kesalahan bawaan pabrik.

Khusus bagi pengguna iPhone 11, Apple mengungkapkan bahwa mereka menemukan sebagian kecil dari iPhone 11 yang diproduksi antara November 2019 dan Mei 2020 mengalami masalah pada modul layar, sehingga mereka merilis program penggantian modul layar untuk iPhone 11. Selengkapnya bisa dicek di sini: https://support.apple.com/id-id/iphone-11-display-module-replacement-program

Apple juga sebelumnya mengungkapkan bahwa sebagian kecil layar iPhone X juga memiliki masalah pada modul layar, sehingga perangkat yang terdampak mungkin dapat menunjukkan gejala seperti layar bereaksi meski tidak disentuh, layar atau bagian dari layar tidak merespon atau terkadang merespon terhadap sentuhan. Selengkapnya bisa dicek di sini: https://support.apple.com/id-id/iphone-x-display-module-replacement-program

Kemungkinan kecil lainnya yang dapat menyebabkan layar iPhone tidak bisa disentuh/berfungsi adalah Bug pada sistem/iOS.

Cara Mengatasi Sebagian Layar iPhone yang Tidak Bisa Disentuh atau Berfungsi


Apabila masalah pada layar yang tidak bisa disentuh atau berfungsi sebagian disebabkan oleh kesalahan sistem/iOS, kalian dapat menggunakan cara-cara di bawah berikut untuk mencoba mengatasinya.

  1. Restart iPhone (matikan iPhone kemudian nyalakan kembali)
  2. Pertimbangkan untuk me-reset Pengaturan iPhone melalui Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.
  3. Update ke iOS Versi terbaru

Cara-cara di atas tidak membuahkan hasil? kemungkinan terbesarnya komponen layar pada iPhone lah yang mengalami masalah atau kerusakan.

Apabila iPhone masih dalam masa garansi, silakan digaransikan. Namun jika tidak, disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke service center authorized Apple di Indonesia atau layanan service terpercaya lainnya, agar dapat dicek lebih lanjut penyebab kerusakan dan solusi mengatasinya.