Cara Mengatasi 'A device attached to the system is not functioning' iPhone dan iPad

Sebagian kecil pengguna iPhone yang akan men-transfer file (foto atau video) atau menghubungkan iPhone ke komputer, laptop, atau notebook dengan Windows 10, mendapati pesan "A device attached to the system is not functioning".

Masalah ini diketahui terjadi akibat Windows yang tidak dapat terhubung dengan baik dengan iPhone. Untuk mengatasinya, kalian dapat mencoba cara-cara berikut ini.

Coba Port USB Lainnya


Mungkin saja, port usb yang digunakan mengalami masalah seperti kendur. Untuk memastikan bahwa tidak ada masalah pada port USB, silakan pindahkan kabel iPhone ke port USB lainnya.

Restart iPhone dan Komputer

Restart iPhone atau secara sederhana mematikan iPhone kemudian menyalakannya kembali, merupakan salah satu metode ampuh dalam mengatasi beragam masalah yang terkait dengan bug/kesalahan pada sistem iOS.

Begitu juga dengan komputer, silakan direstart sebelum menghubungkan iPhone kembali.

Install atau Update Aplikasi iTunes ke Versi Terbaru

Agar iPhone dapat bekerja dengan baik, silakan install aplikasi iTunes di komputer kalian atau update aplikasi iTunes ke versi terbaru yang tersedia saat ini (klik menu Help > Check for Updates).

Ubah Transfer Foto ke 'Pertahankan yang Asli'

Ketika men-transfer foto ke komputer, iPhone akan mengubah format foto dari HEIF ke JPEG agar lebih kompatibel.

Mungkin dengan mengubahnya ke 'Pertahankan yang Asli' dapat mengatasi masalah ini. Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan pada iPhone kemudian masuk ke menu Foto lalu pada menu Transfer ke Mac atau PC silakan ubah menjadi Pertahankan yang Asli.


Coba Kabel Data Lainnya

Apabila memungkinkan coba gunakan kabel data yang lain dan cek hasilnya. Apabila berhasil maka kabel data yang sebelumnya mungkin saja bermasalah. Namun jika tidak, lanjutkan cara di bawah berikut.

Percayai/Trust Ulang iPhone

Saat pertama kali menghubungkan iPhone ke komputer, pengguna diminta untuk mengkonfirmasi apakah akan mempercayai komputer tersebut atau tidak.

Untuk mencegah adanya kesalahan, kalian dapat mencoba mempercayai/trust ulang iPhone ke komputer. Caranya silakan reset Pengaturan Jaringan melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang > Atur Ulang Jaringan.


Update iOS ke Versi Terbaru

Cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil? coba update iOS pada iPhone ke versi terbaru yang tersedia saat ini melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Apabila pembaruan tersedia silakan download dan install pembaruan tersebut.

Update Driver pada Windows

Untuk mencegah adanya driver pada Windows yang kurang lengkap, cek dan install juga update Windows terbaru apabila tersedia.

Baik, itu saja informasi cara mengatasi 'A device attached to the system is not functioning' pada iPhone dan iPad yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin disampaikan, tanyakan, atau mungkin tambahkan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih.