Kenapa iPhone Tidak Bisa Hotspot? Berikut Cara Agar iPhone Bisa Hotspot

Tidak sedikit pertanyaan yang Admin temukan dari banyak pengguna iPhone soal, kenapa/mengapa iPhone 6, 6S, 7, 7 Plus, 8, 8 Plus, X, XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro, SE, 12, 12 Mini, 12 Pro, 12 Pro Max, dan seterusnya tidak bisa hotspot?


Kenapa iPhone (6S, 7, 8, X, XR, XS, SE, 11, 12, dst.) Tidak Bisa Hotspot?

Jawabannya sederhana, yakni karena pengguna iPhone belum mengatur atau memasukkan pengaturan APN untuk jaringan seluler.

Apa itu APN?

APN atau Access Point Name merupakan konfigurasi yang akan digunakan oleh operator jaringan seluler untuk mengidentifikasi atau menentukan jaringan pada suatu perangkat. APN bisa dikatakan juga sebagai pintu gerbang (gateway) yang menghubungkan antara pengaturan internet di perangkat dengan jaringan operator seluler.

Untuk mengatur APN caranya sangatlah mudah, kalian cukup memasukkan pengaturan APN yang akan Admin bagikan (menyesuaikan operator seluler yang digunakan), dan fitur Personal Hotspot akan muncul di halaman utama aplikasi Pengaturan.

Cara Mengatur APN Agar iPhone Bisa Hotspot

1. Langkah pertama langsung saja buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Seluler (Cellular) > Jaringan Data Seluler (Cellular Data Network)

Pada tahap ini pastikan menu Data Seluler (Cellular Data) sudah dalam keadaan aktif.


3. Sekarang silakan masukan informasi APN pada seluruh kolom APN yang tersedia

Sebagai contoh, bagi pengguna Telkomsel silakan masukan "telkomsel" (tanpa tanda petik ya) pada seluruh kolom APN yang tersedia. Sedangkan untuk kolom Nama Pengguna, Kata sandi dan lain sebagainya tidak perlu diisi.


Berikut ini adalah daftar nama APN untuk semua operator, dan ingat masukan APN berikut ke seluruh kolom APN yang ada di pengaturan APN iPhone, khususnya menu APN untuk Hotspot Pribadi/Personal Hotspot agar fitur Hotspot dapat digunakan/muncul.

  • Telkomsel, masukan APN: telkomsel
  • Indosat, masukan APN: indosatgprs
  • XL, masukan APN: internet
  • Smartfren, masukan APN: smartfren4g
  • Axis, masukan APN: axis
  • Tri, masukan APN: 3gprs
  • By.u, masukan APN: byu

4. Jika sudah selesai silakan kembali ke menu utama aplikasi Pengaturan iPhone, kemudian nyalakan menu Mode Pesawat (Airplane Mode) lalu tunggu sekitar 5 detik dan matikan kembali menu Mode Pesawat tersebut.

5. Selesai.

Informasi tambahan, apabila menu Personal Hotspot belum juga muncul silakan tutup aplikasi Pengaturan kemudian buka kembali dan lihat hasilnya. Jika masih belum berhasil, coba restart iPhone (matikan kemudian nyalakan kembali).

Menu Personal Hotspot dapat ditemukan di halaman utama aplikasi Pengaturan, tepatnya di bawah menu Seluler.


Bagaimana hasilnya, apakah iPhone kalian sekarang sudah bisa menggunakan fitur Hotspot? kalian dapat menggunakan fitur Hotspot tersebut untuk membagikan internet melalui sambungan WiFi, Bluetooth, atau USB (kabel data).

Baik, itu saja informasi seputar 'kenapa iPhone tidak bisa hotspot' serta cara-cara agar iPhone bisa hotspot. Apabila ada informasi yang ingin ditanyakan, sampaikan, atau mungkin tambahkan? langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.