Kenapa IMEI di iPhone Ada 2? IMEI dan IMEI2

Beberapa pengguna mungkin mendapati bahwa di iPhone mereka terdapat dua menu IMEI, yakni IMEI dan IMEI2.


IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan sebuah susunan nomor unik yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah perangkat seluler. Biasanya IMEI digunakan untuk menentukan validitas perangkat, melacak, memblokir penggunaan jaringan sesuai peraturan tertentu, hingga memblokir perangkat yang terdeteksi hilang/dicuri.

Lalu mengapa terdapat dua buah IMEI pada iPhone? apa arti dan maksud dari IMEI dan IMEI2 tersebut?

Kenapa Ada 2 IMEI pada iPhone?


iPhone yang memiliki dua menu IMEI yakni "IMEI" dan "IMEI2" menandakan bahwa iPhone tersebut merupakan iPhone Dual SIM.

Namun perlu diperhatikan bahwa terdapat dua jenis Dual SIM pada iPhone, Nano SIM + eSIM atau Dual Nano SIM.

Sebagai informasi, Nano SIM merupakan kartu SIM fisik yang umumnya dimasukkan ke dalam iPhone. Sedangkan eSIM (embedded SIM) adalah kartu SIM Digital yang ditawarkan oleh operator jaringan seluler untuk mengaktifkan paket layanan data tanpa memerlukan kartu SIM fisik/Nano SIM.

Saat ini iPhone dengan Dual Nano SIM hanya dijual/tersedia di kawasan tertentu saja, seperti di Tiongkok daratan, Hong Kong, dan Makau. Sedangkan iPhone Dual SIM di luar kawasan tersebut merupakan Nano SIM + eSIM.

Hanya beberapa model iPhone saja yang telah mendukung Dual SIM di antaranya iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE Gen-2, iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, atau lebih baru lainnya.

Nah, bagaimana sudah tau kan mengapa di iPhone kalian terdapat dua menu IMEI? ya, karena iPhone tersebut sudah mendukung Dual SIM, entah itu Nano SIM + eSIM atau Dual Nano SIM.