Penyebab dan Cara Mengatasi SIM Card iPhone Tidak Terbaca

SIM Card atau Kartu SIM di iPhone kalian tidak mau terbaca? iPhone tidak menampilkan atau menangkap sinyal apapun, serta muncul pesan No SIM Card Installed, Invalid SIM, Insert SIM, No Service, dll.?

Tidak jarang masalah seperti ini dialami pada iPhone yang baru saja dibeli, setelah mengganti SIM Card baru, setelah update iOS, setelah mereset pengaturan, bahkan terjadi secara tiba-tiba begitu saja.


Nah, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-cara yang dapat kalian gunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Kalau begitu langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Restart Jaringan

Coba restart jaringan iPhone dengan cara mengaktifkan Mode Pesawat (Airplane Mode) kemudian menonaktifkannya kembali.

2. Restart/Force Restart iPhone

Memulai ulang sistem iPhone adalah cara yang patut dicoba untuk memperbaiki SIM Card yang tidak mau terbaca. Sederhananya silakan matikan iPhone kemudian nyalakan kembali, atau langsung saja ikuti cara Force Restart/ Restart Paksa berikut ini.

Untuk iPhone 8, SE2, X, XR, XS, 11, 12, dst.

  • Tekan tombol Volume Atas lalu lepas
  • Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas
  • Tekan dan Tahan terus tombol Power/Lock hingga iPhone Restart/menampilkan logo Apple

Untuk iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

  • Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan Power/Lock secara bersamaan hingga iPhone Restart/menampilkan logo Apple

Untuk 6S, 6, 5S, 5, dst.

  • Tekan dan Tahan tombol Home dan Power/Lock secara bersamaan hingga iPhone Restart/menampilkan logo Apple

3. Cek Kualitas Jaringan Sekitar

Gangguan atau adanya perbaikan jaringan dapat menyebabkan sinyal iPhone menghilang tiba-tiba. Coba cek hp lainnya yang menggunakan Kartu SIM dari operator jaringan yang sama dengan yang digunakan iPhone, apakah mendapatkan sinyal atau tidak.

4. Bersihkan dan Pasang Kembali Kartu SIM

Selanjutnya coba cabut kembali kartu SIM lalu bersihkan dengan kain halus dan kering kemudian coba pasang kembali. Pastikan SIM Tray atau tempat kartu SIM telah terpasang sepenuhnya dengan baik/rapat.


5. Coba Gunakan Kartu SIM Lainnya

Coba gunakan kartu SIM lainnya (yang baru jika memungkinkan) dan lihat hasilnya. Apabila bisa terbaca ada kemungkinan kartu yang sebelumnya bermasalah, sudah tidak aktif, atau lewat masa tenggang (silakan hubungi Costumer Service sesuai operator yang digunakan).

Namun apabila SIM card baru tidak bisa terbaca juga, cek langkah selanjutnya.

6. Cek Jaringan iPhone, Lock atau Unlock

Khususnya bagi yang baru saja membeli iPhone, cek apakah iPhone kalian terikat kunci oleh salah satu operator (lock carrier) atau bebas menggunakan kartu SIM manapun (unlock).

Caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai kemudian perhatikan menu Kunci Operator.

Apabila menunjukkan "Tidak ada pembatasan SIM" maka iPhone tersebut Unlock, yakni dapat menggunakan kartu SIM dari provider manapun. Sementara apabila menu menujukkan nama operator jaringan tertentu, kemungkinan iPhone tersebut merupakan iPhone Lock, yakni terikat kontrak dengan salah satu operator sehingga hanya dapat menggunakan kartu SIM dari operator tersebut saja.

7. Reset Pengaturan Jaringan iPhone

Coba reset pengaturan jaringan iPhone melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Jaringan.


Jika sudah coba cek dan lihat hasilnya.

8. Update ke iOS Versi Terbaru

Selanjutnya coba update iOS pada iPhone ke versi terbaru yang tersedia menggunakan jaringan WiFi.

Caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Apabila tersedia, langsung saja download dan install pembaruan yang tersedia tersebut dan lihat hasilnya setelah update.

9. Update Pengaturan Jaringan iPhone

Coba buka aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai atau hubungkan iPhone ke komputer dan buka aplikasi iTunes. Apabila tersedia biasanya akan muncul menu untuk mengupdate pengaturan jaringan iPhone.

10. Reset iPhone ke Pengaturan Pabrik

Silakan pertimbangkan untuk mereset iPhone kembali ke pengaturan pabrik, namun perlu diketahui bahwa cara ini akan menghapus seluruh data-data pada iPhone, jadi silakan dibackup terlebih dahulu.

Ingat! backup data-data penting terlebih dahulu sebab data-data pada iPhone seluruhnya akan dihapus. Jika sudah siap, langsung saja buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Hapus Konten & Pengaturan.

Jika memungkinkan coba juga reset melalui iTunes di komputer atau downgrade ke iOS versi sebelumnya. Caranya silakan cek pada postingan berikut: Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone

Apakah iPhone Hasil ByPass?

ByPass merupakan metode yang digunakan untuk membuka pembatasan jaringan pada iPhone Lock Carrier, sehingga iPhone dapat menggunakan jaringan dari operator manapun.

Namun sayangnya metode ByPass ini sangat tergantung pada versi iOS, sehingga mengupdate ke iOS versi terbaru biasanya akan menghilangkan akses ByPass tersebut dan iPhone terkunci jaringannya kembali.

Solusi Terakhir...

Apabila cara-cara di atas tidak ada satupun yang membuahkan hasil, disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke service center Authorized Apple di Indonesia agar dapat dicek lebih lanjut penyebab dan solusi mengatasinya.

Baik, itu saja informasi Penyebab serta Cara mengatasi SIM Card/Kartu SIM di iPhone yang tidak bisa terbaca. Apabila ada yang ingin disampaikan atau tanyakan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.