Cara Install dan Mengaktifkan Ekstensi/Add-on di Safari iPhone dan iPad

Melalui iOS 15 atau iPadOS 15 pengguna iPhone, iPad, hingga iPod touch kini dapat dengan mudah menginstall ekstensi atau add-on untuk menambah beragam fitur atau fungsi di browser Safari.

Nah, bagi yang belum tahu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk menginstall dan mengaktifkan Ekstensi/Add-on di browser Safari iPhone dan iPad.


Cara Download, Install, dan Mengaktifkan Ekstensi/Add-on Safari di iPhone dan iPad

1. Buka aplikasi App Store lalu masuk ke menu App dan cari kategori Ekstensi Safari

2. Jika sudah silakan cari dan pilih ekstensi yang diinginkan/download

3. Selanjutnya untuk mengaktifkan ekstensi/add-on dapat dilakukan melalui dua cara, pertama melalui browser Safari langsung (website/situs tertentu) atau melalui aplikasi Pengaturan.

  • Untuk mengaktifkan ekstensi/add-on melalui Pengaturan silakan buka aplikasi Pengaturan lalu masuk ke menu Safari > Ekstensi lalu pilih ekstensi yang diinginkan dan atur seluruh izin yang dibutuhkan


  • Untuk mengaktifkan ekstensi/add-on melalui Safari langsung silakan buka aplikasi Safari lalu buka situs yang dituju kemudian tap menu AA di samping search bar dan pilih menu Kelola Ekstensi lalu aktifkan ekstensi yang diinginkan


4. Untuk menggunakan atau mengaktifkan Ekstensi/Add-on yang sudah ditambahkan, silakan buka aplikasi Safari lalu tap menu AA di yang ada di samping search bar lalu pilih menu Ekstensi yang telah diaktifkan tadi


5. Sebagai contoh melalui gambar di atas Admin menggunakan esktensi/add-on Web Inspector

Apabila ekstensi/add-on meminta izin untuk mengakses situs silakan diizinkan. Selain itu apabila ekstensi/add-on tidak juga bisa aktif, coba tutup aplikasi Safari kemudian buka kembali.

Untuk menonaktifkan ekstensi/add-on kalian cukup mengulangi cara ke 3 di atas tadi, yakni dapat melalui pengaturan atau aplikasi Safari langsung.

Ingin menghapus ekstensi/add-on? silakan cari aplikasi ekstensi/add-on yang terinstall di home screen/perpustakaan app, kemudian hapus aplikasi tersebut dan ekstensi/add-on juga akan ikut terhapus.

Bagaimana mudah bukan?

Oke itu saja informasi cara menginstall dan mengaktifkan ekstensi/add-on Safari di iPhone dan iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.