Cara Mengembalikan Search Bar Safari di iPhone ke Bagian Atas (iOS 15)

Sudah menginstall update iOS 15 dan mendapati desain Search/Pencarian di aplikasi browser Safari pindah ke bagian bawah? bagaimana apakah kalian menyukai desain baru ini?

Mungkin tidak semuanya suka ya, sebab ada banyak juga pengguna iPhone yang mengeluhkan bahwa pindahnya area pencarian/search bar Safari ke bagian bawah sangat menyulitkan (mungkin karena belum terbiasa juga).


Nah, bagi yang tidak menyukainya, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara mengembalikan atau memindahkan Search Bar di Safari iPhone ke bagian atas.

Sebenarnya hal ini sudah pernah Admin bahas ketika iOS 15 masih dalam tahap beta/percobaan, cek disini: Cara Memindahkan Tab Bar Search Safari di iPhone ke Atas/Bawah

Oke kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut ini.

Cara Mengembalikan/Memindahkan Search Safari ke Bagian Atas

Terdapat dua cara yang dapat kalian gunakan, pertama melalui browser Safari langsung dan yang kedua melalui Pengaturan iPhone.

Yang pertama kita mulai melalui browser Safari Langsung:

1. Pertama silakan buka satu website apapun melalui browser Safari, disarankan Pukeva.com (jika kalian menggunakan browser Safari untuk membuka halaman ini ya tidak perlu buka website lainnya lagi)

2. Jika sudah langsung saja Tap pada menu/icon AA yang ada di samping search bar

3. Kemudian pilih menu Tampilkan Bar Alamat Atas/Show Top Address Bar. Sedangkan untuk memindahkannya lagi ke bawah nantinya kalian tinggal memilih kembali menu Tampilkan Bar Tab Bawah/Show Bottom Tab Bar.

Contohnya bisa dilihat melalui gambar di bawah


3. Jika sudah silakan lihat hasilnya.

Selain cara pertama kalian dapat dengan mudah mengaturnya melalui aplikasi Pengaturan, berikut cara-caranya:

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone

2. Kemudian cari dan pilih menu Safari

3. Jika sudah silakan pilih menu Satu Tab untuk memindahkan Search Bar ke bagian atas. Sedangkan untuk memindahkannya ke bagian bawah kalian bisa memilih menu Bar Tab.

Berikut contohnya:


Bagaimana gampang kan? meski begitu Search/Tab Bar di bagian bawah memang menawarkan lebih banyak kemudahan, misalnya untuk berpindah antar tab kalian cukup mengusap search bar ke arah kiri atau kanan, atau jika ingin mengatur tab yang terbuka kalian bisa mengusap search bar ke arah atas.

Semua tergantung pilihan dan selera masing-masing, apabila belum terbiasa bisa coba dibiasakan atau jika kurang suka kalian memiliki pilihan untuk mengembalikannya kembali ke bagian atas.

Oke itu saja informasi cara mengembalikan atau memindahkan Search Bar Safari di iPhone ke Bagian Atas di iOS 15.0 atau lebih baru. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.