Apa Fungsi Lubang Kecil di Dekat Kamera iPhone?

Pernahkah kalian memperhatikan kalau dibagian/area kamera belakang iPhone terdapat lubang kecil yang berdiameter kira-kira 2mm? lalu apa sebenarnya fungsi lubang tersebut?

Fungsi Lubang Kecil di Dekat Kamera iPhone


Lubang kecil yang ada di area kamera belakang iPhone merupakan sebuah mikrofon yang digunakan secara khusus untuk menangkap suara dari arah yang ditunjuk oleh kamera belakang.

Sebagai contoh apabila kalian sedang melakukan perekaman video dengan kamera belakang, maka lubang mikrofon tersebut mempunyai peran penting untuk menangkap suara yang lebih detail dari area yang ditangkap oleh kamera.

Terlebih lagi khusus untuk beberapa model iPhone seperti jajaran iPhone 11, 12, atau 13 yang telah dilengkapi dengan fitur Audio Zoom, yakni melalui kamera pengguna dapat merekam dan fokus menangkap suara dari jarak yang cukup jauh dengan cukup detail.

iPhone saat ini sebut saja mulai dari iPhone 6, 6S, SE, 7, 8, X, XR, XS, 11, SE 2, 12, dan 13, telah dilengkapi lebih dari 1 mikrofon atau umumnya 3 buah mikrofon yang terletak di area yang berbeda.

Yang pertama terletak di bagian belakang iPhone, tepatnya lubang kecil di dekat kamera belakang seperti yang dijelaskan di atas tadi, kemudian yang kedua berada di bagian bawah iPhone tepatnya dekat area speaker, dan yang ketiga berada di area depan iPhone tepatnya berada di area speaker/earpiece.

Berikut adalah contoh gambar area mikrofon iPhone yang terletak di bagian bawah serta bagian depan iPhone.


Nah, banyaknya mikrofon pada iPhone memiliki peran yang penting terhadap beragam hal, misalnya saja mikrofon bagian bawah dapat secara detail menangkap suara ketika sedang melakukan panggilan telepon, mikrofon depan khusus untuk kamera depan seperti saat melakukan panggilan video call, serta mikrofon belakang untuk merekam suara yang secara khusus dapat menangkap detail suara oleh yang ditunjukkan oleh kamera belakang.