Apple Rilis iOS 12.5.5 untuk iPhone 6, 6 Plus, 5S, iPad Air, Mini 2, 3 dan iPod touch 6

Setelah merilis iOS 15 untuk perangkat yang mendukung, Apple kembali merilis update iOS 12.5.5 khusus untuk perangkat lamanya yakni iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPad Air, iPad mini 2, iPad mini 3, dan iPod touch 6.

Dalam perilisan kali ini Apple kembali menunjukkan bahwa mereka belum sepenuhnya meninggalkan dukungan untuk perangkat-perangkat tersebut.


Apa yang Baru di iOS 12.5.5?

iOS 12.5.5 hadir dengan perbaikan keamanan yang penting dan disarankan bagi semua pengguna iPhone yang mendapatkan untuk segera menginstallnya.

Berikut adalah catatan keamanan yang dibawa oleh iOS 12.5.5.

CoreGraphics

Available for: iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPad Air, iPad mini 2, iPad mini 3, and iPod touch (6th generation)

Impact: Processing a maliciously crafted PDF may lead to arbitrary code execution. Apple is aware of a report that this issue may have been actively exploited.

Description: An integer overflow was addressed with improved input validation.

CVE-2021-30860: The Citizen Lab

WebKit

Available for: iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPad Air, iPad mini 2, iPad mini 3, and iPod touch (6th generation)

Impact: Processing maliciously crafted web content may lead to arbitrary code execution. Apple is aware of a report that this issue may have been actively exploited.

Description: A use after free issue was addressed with improved memory management.

CVE-2021-30858: an anonymous researcher

XNU

Available for: iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPad Air, iPad mini 2, iPad mini 3, and iPod touch (6th generation)

Impact: A malicious application may be able to execute arbitrary code with kernel privileges. Apple is aware of reports that an exploit for this issue exists in the wild.

Description: A type confusion issue was addressed with improved state handling.

CVE-2021-30869: Erye Hernandez of Google Threat Analysis Group, Clément Lecigne of Google Threat Analysis Group, and Ian Beer of Google Project Zero


Sejauh ini tidak ada fitur baru yang diperkenalkan melalui iOS 12.5.5 selain perbaikan keamanan saja.

Nah, bagi kalian yang ingin agar perangkatnya lebih aman dari beragam ancaman keamanan, disarankan untuk segera update ke iOS 12.5.5 yang dapat dilakukan melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Apabila ingin me-restore iPhone ke iOS 12.5.5 melalui IPSW silakan cek caranya melalui postingan berikut: Cara Download, Install dan Restore IPSW/Firmware iOS iPhone

Status Jailbreak iOS 12.5.5

Kalian dapat mencoba untuk jailbreak iOS 12.5.5 menggunakan aplikasi Checkra1n.

Apa itu Checkra1n?

Checkra1n merupakan aplikasi jailbreak bersifat Semi-Tethered yang menggunakan exploit hardware-based untuk mendapatkan akses jailbreak, sehingga Checkra1n bisa dikatakan dapat secara mudah mendapatkan akses jailbreak pada iOS versi berapapun di perangkat yang terdampak exploit hardware-based tersebut, yakni mulai dari iPhone 5S hingga iPhone X.

Meski begitu tidak ada jaminan apakah jailbreak iOS 12.5.5 akan berhasil dilakukan melalui aplikasi Checkra1n.

Selain butuh konfirmasi secara resmi dari developer aplikasi Checkra1n untuk memastikannya (saat ini belum ada informasi secara resmi), pengguna dapat mencobanya sendiri namun dengan risiko bahwa iPhone dapat menjadi bootloop sehingga perlu direstore untuk menormalkannya kembali.

Jika setuju dengan segala risikonya, langsung saja cek cara-caranya melalui postingan berikut: Cara Jailbreak Semua iOS (iPhone 5S - X) Menggunakan Checkra1n