Cara Setting Personal Hotspot dan APN di iPhone 13, 13 mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max

Personal Hotspot atau Hotspot Pribadi merupakan salah satu fitur di iPhone yang berfungsi untuk membagikan internet ke perangkat lainnya melalui sambungan WiFi, Kabel, hingga Bluetooth.

Secara bawaan fitur Personal Hotspot di iPhone tidak langsung dapat digunakan/tersedia, pengguna iPhone perlu mengatur/memasukkan konfigurasi APN jaringan terlebih dahulu agar fitur Personal Hotspot dapat muncul/tampil dan siap untuk digunakan.

Tenang saja, mengatur APN bukanlah hal yang sulit bahkan tergolong sangat mudah dan tentunya dapat kalian lakukan sendiri.

Nah, khusus pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara Setting atau Mengatur fitur Personal Hotspot dan APN, khusus untuk pengguna iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.


Cara Setting Personal Hotspot dan APN iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max

1. Pertama buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Seluler (Cellular) > Jaringan Data Seluler (Cellular Data Network)

Pada tahap ini pastikan menu Data Seluler (Cellular Data) dalam keadaan aktif.


3. Selanjutnya silakan masukan informasi APN pada seluruh kolom APN yang tersedia

Sebagai contoh, bagi pengguna kartu Telkomsel silakan masukan "telkomsel" (tanpa tanda petik) pada seluruh kolom APN yang tersedia.

Sedangkan untuk kolom Nama Pengguna, Kata sandi dan lain sebagainya tidak perlu diisi kecuali memang dibutuhkan.


Berikut ini adalah daftar nama APN untuk semua operator yang tersedia di Indonesia.

Ingat masukan APN ke seluruh kolom APN yang tersedia, khususnya menu APN untuk Hotspot Pribadi/Personal Hotspot agar fitur Hotspot dapat digunakan/muncul.

  • Telkomsel, masukan APN: telkomsel
  • Indosat, masukan APN: indosatgprs
  • XL, masukan APN: internet
  • Smartfren, masukan APN: smartfren4g
  • Axis, masukan APN: axis
  • Tri, masukan APN: 3gprs
  • By.u, masukan APN: byu

4. Jika sudah, silakan kembali ke menu utama aplikasi Pengaturan iPhone kemudian nyalakan Mode Pesawat (Airplane Mode), tunggu sekitar 5 detik lalu matikan kembali Mode Pesawat dan lihat hasilnya.

Menu Personal Hotspot dapat ditemukan di halaman utama aplikasi Pengaturan, tepatnya di bawah menu Seluler.


Sebagai informasi tambahan, apabila menu Personal Hotspot belum juga muncul coba tutup aplikasi Pengaturan kemudian buka kembali dan lihat lagi hasilnya. Jika masih belum berhasil coba restart iPhone atau secara sederhana silakan matikan iPhone kemudian nyalakan kembali.

Bagaimana apakah sudah berhasil? sangat mudah bukan? cara-cara di atas tentu tidak perlu kalian ulangi setiap kali akan menggunakan fitur Personal Hotspot, tak terkecuali kalian ganti ke iPhone yang baru.

Selain itu perlu diperhatikan bahwa fitur Personal Hotspot mungkin akan memakan banyak daya baterai, membuat iPhone lebih cepat panas, serta jaringan internet melambat karena bandwithnya terbagi.

Oke itu saja informasi cara setting Personal Hotspot dan APN di iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggakan melalui kolom komentar di bawah.