Perbedaan Tampilan Fisik iPhone 12 dan iPhone 13

Dibandingkan pendahulunya jajaran iPhone 12 memiliki desain yang bisa dibilang berbeda dan memiliki ciri khasnya tersendiri. Begitu juga dengan jajaran iPhone 13 yang secara sekilas tampak sangat mirip dengan jajaran iPhone 12, namun nyatanya kalian dapat membedakan keduanya dengan sangat mudah melalui tampilan fisiknya.


Selain spesifikasi dan fitur-fitur, apa saja tampilan fisik yang berbeda antara iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max dengan iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max?

Ukuran Notch di Layar

Berkat sensor kamera True Depth yang kini berukuran lebih kecil, iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max memiliki ukuran Notch yang juga ikut mengecil.

Sedangkan iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max masih memiliki ukuran Notch yang sama dengan iPhone X.

Berikut perbedaanya:


Ukuran Kamera Lebih Besar

Selain fitur dan kualitas yang berbeda, secara fisik ukuran kamera iPhone 12 dan iPhone 13 juga terlihat cukup berbeda.

Jika diperhatikan seluruh jajaran iPhone 13 memiliki area serta ukuran lensa kamera yang lebih besar dibandingkan seluruh jajaran iPhone 12.

Berikut contohnya:


Posisi "Diagonal" Kamera iPhone 13 dan iPhone 13 mini

Berbeda dengan iPhone 12 dan iPhone 12 mini yang letak kameranya ditata secara Vertikal, posisi kamera iPhone 13 dan iPhone 13 mini kini diletakkan secara Diagonal.

Mungkin banyak di antara kalian yang sudah mengetahui akan hal ini, sebab salah satu perubahan fisik yang sekilas paling menonjol dari iPhone 13 dan iPhone 13 mini adalah posisi kameranya.


Selain itu jika diperhatikan lagi letak Flash serta lubang Mikrofon juga berbeda.

Perbedaan Warna

Apple memperkenalkan warna baru yakni Sierra Blue khusus untuk iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.


Sedangkan khusus untuk iPhone 13 dan iPhone 13 mini, Apple memperkenalkan 3 warna baru yakni Pink, Starlight, dan Midnight.


Ya, warna-warna di atas tidak hadir di seluruh jajaran iPhone 12. Sebaliknya iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max memiliki warna eksklusifnya tersendiri yakni Pasific Blue. Sedangkan warna eksklusif di iPhone 12 dan iPhone 12 mini yakni Biru serta Ungu yang sedikit lebih gelap dibandingkan ungu di iPhone 11.

Kesimpulan...

Perbedaan fisik yang paling menonjol antara iPhone 12 dan iPhone 13 adalah ukuran notch, ukuran kamera serta letaknya, dan warna.

Jika dilihat sekilas mungkin tidak akan terlalu tampak bedanya. Tetapi jika dibandingkan secara berdampingan maka perbedaan mungkin akan tampak sangat jelas.

Lalu apakah Case iPhone 12 bisa digunakan di iPhone 13 atau case iPhone 13 Pro bisa digunakan di iPhone 13 Pro Max? jawabannya tentu tidak cocok, sebab ada perbedaan ukuran dan posisi modul kamera di antara keduanya.

Nah, menurut kalian sendiri bagaimana, apakah berniat untuk membeli atau upgrade ke iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max?