Kapasitas Penyimpanan iPhone 13, 13 mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max

iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max menyediakan ukuran kapasitas penyimpanan yang lebih besar dari iPhone generasi sebelumnya. Pilihan kapasitas terkecilnya pun kini meningkat menjadi dua kali lipat.

Apple memutuskan untuk tidak merilis iPhone 13 dengan pilihan kapasitas penyimpanan 64 GB, melainkan menggantinya dengan yang paling kecil yakni 128 GB.

Meningkatnya kapasitas tersebut kemungkinan besar diakibatkan oleh fitur pada kamera iPhone 13 yang membutuhkan ruang besar sebagai penyimpanan. Selain itu 128 GB juga merupakan sweet spot untuk penyimpanan yang tidak terlalu kecil atau tidak terlalu besar saat ini.

Kapasitas Penyimpanan iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max


Kapasitas penyimpanan iPhone 13 dan iPhone 13 mini tersedia mulai dari 128 GB untuk yang terkecil, 256 GB, dan yang terbesar 512 GB.

iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max memiliki pilihan kapasitas penyimpanan yang lebih banyak, mulai dari 128 GB, 256 GB, 512 GB, hingga kapasitas terbesar yang ada pada iPhone saat ini yakni 1 TB atau 1024 GB.

Berapa Kapasitas Penyimpanan iPhone 13 yang Paling Ideal?


Ingat, semakin besar kapasitas penyimpanan iPhone semakin mahal juga harganya. Jika uang bukan masalah, pilihlah kapasitas terbesar yang tersedia saat ini.

Selain itu khusus untuk iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max yang telah mendukung fitur perekaman video ProRes, dengan kapasitas penyimpanan 128 GB perekaman video ProRes di 1080p dibatasi pada 30 fps saja.

  • 128 GB: Cocok untuk yang tidak banyak menginstall aplikasi, tidak terlalu sering mengambil foto, dan hanya sesekali merekam video singkat
  • 256 GB: Cocok untuk yang suka mengambil banyak foto, sesekali merekam video, atau menyimpan banyak aplikasi dan game
  • 512 GB: Cocok untuk yang suka mengambil banyak foto, merekam dan mengedit video kualitas tinggi, dan menyimpan banyak aplikasi atau game
  • 1 TB: Cocok untuk yang suka menyimpan foto dalam jumlah yang sangat banyak, merekam atau mengedit cukup banyak video kualitas tinggi dengan durasi yang panjang, dan mengkoleksi banyak aplikasi dan game

Meningkatnya kualitas kamera pada iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max diikuti juga dengan peningkatan ukuran hasil foto atau video. Jadi bagi yang memang suka dan sering mengambil foto dan video disarankan untuk mempertimbangkan mengambil kapasitas penyimpanan setidaknya 256 GB.

Sedangkan bagi yang jarang mengambil foto khususnya video dan hanya menyimpan aplikasi penting atau game-game favorit saja yang jumlahnya tidak banyak, kapasitas penyimpanan 128 GB dapat menjadi pilihan yang tepat.

Selain memilih kapasitas yang tepat, membackup data-data penting ke iCloud atau penyimpanan lainnya juga penting dilakukan untuk berjaga-jaga dari risiko kehilangan data.