Kekurangan iPhone 13, 13 mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max

Seperti biasa, di setiap tahunnya Apple secara rutin selalu merilis iPhone generasi terbaru dan pada tahun 2021 ini Apple memperkenalkan iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, serta iPhone 13 Pro Max sebagai generasi penerus jajaran iPhone 12.

Namun, ada cukup banyak hal yang mengecewakan dari jajaran iPhone 13 serta ada banyak alasan mengapa pengguna iPhone 12 dan iPhone 11 sebelumnya, tidak perlu upgrade ke iPhone 13.

Desain Hampir Sama, Notch Lebih Kecil


Jajaran iPhone 13 memiliki ukuran layar yang sama dengan jajaran iPhone 12 dan sampai saat ini, iPhone masih bertahan dengan desain Notch yang pertama kali diperlihatkan ke publik melalui iPhone X pada tahun 2017 yang lalu. Desain bezelnya pun sama dan tidak berubah.

Meskipun di jajaran iPhone 13 Notch-nya berukuran lebih kecil, bagi sebagian pengguna hal ini tidak membawa dampak yang signifikan. Sehingga dari segi desain, iPhone 13 bisa dibilang tidak berbeda jauh dengan iPhone 12.

Jadi bagi yang berharap Apple merilis gebrakan desain baru di iPhone 13, harus bersabar menunggu kembali kejutan dari iPhone 14 di tahun depan atau mungkin melirik vendor smartphone lainnya.

Peningkatan dan Perubahan Posisi Kamera

Bagi yang menginginkan perubahan desain, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max masih memiliki tampilan desain kamera yang sama dengan iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max, yang berbeda lagi-lagi kualitas kameranya yang kini diupgrade semakin canggih.

Sedangkan perubahan tampilan desain kamera, baru terasa di iPhone 13 dan iPhone 13 mini. Masih dilengkapi dengan 2 buah kamera utama serta memiliki desain kamera bulat besar yang sama dengan iPhone 12, peletakan/posisi kameranya kini diubah menjadi diagonal/miring yang tentunya diikuti dengan upgrade kualitas kamera yang lebih canggih.


Layar Masih 60 Hz di iPhone 13 dan iPhone 13 mini

Berbeda dengan iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max yang telah dilengkapi dengan teknologi ProMotion, yakni Refresh Rate layar yang kini menjadi 120 Hz (animasi gerakan yang jauh lebih mulus/halus). iPhone 13 dan iPhone 13 mini masih menggunakan layar dengan Refresh Rate 60 Hz.


Dibandingkan banyak smartphone lainnya dengan harga lebih murah, tentu agak mengecewakan jika iPhone 13 dan iPhone 13 mini tidak hadir dengan layar 120 Hz juga, meski kini layarnya lebih terang dibandingkan iPhone generasi sebelumnya.

Kamera Lebih Canggih, OLED 120 Hz serta Lebih Terang, Chip Lebih Cepat, dan Baterai Lebih Awet Lagi


Jika dibandingkan dengan iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max, hanya ada beberapa kelebihan utama yang dimiliki oleh iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

  • Kamera yang lebih canggih
  • Layar dengan Notch yang lebih kecil
  • Layar ProMotion 120 Hz
  • Layar OLED yang sedikit lebih terang
  • Chip yang lebih cepat
  • Baterai yang lebih awet
  • Pilihan warna serta kapasitas penyimpanan yang baru


Sedangkan jika dibandingkan dengan iPhone 12 dan iPhone 12 mini, kelebihan utama yang dimiliki oleh iPhone 13 dan iPhone 13 mini juga tidak berbeda jauh.

  • Kamera yang lebih canggih
  • Desain baru, yakni penempatan posisi Kamera yang diagonal/miring
  • Layar dengan Notch yang lebih kecil
  • Layar OLED yang sedikit lebih terang
  • Chip yang lebih cepat
  • Baterai yang lebih awet
  • Pilihan warna serta kapasitas penyimpanan yang baru

Apakah Worth Upgrade ke iPhone 13 mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max?

Tidak jika kalian sudah menggunakan setidaknya iPhone 11 Pro atau iPhone 11 Pro Max. Mungkin jika datang dari iPhone 11, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max. Kemudian Ya jika datang dari iPhone X lebih khusus iPhone 8 Plus, iPhone 8, iPhone 7 Plus, iPhone 7, atau lebih lama lagi.

Nah, menurut pendapat kalian sendiri bagaimana, apakah ada kekurangan atau ada yang hal mengecewakan dari jajaran iPhone 13?