Perlukah iPhone 13, 13 mini, dan 13 Pro Pakai Pelindung Layar?

Tempered Glass, Anti Gores, atau Screen Protector (Screen Guard) merupakan lapisan transparan berbahan plastik maupun kaca yang digunakan untuk melindungi layar iPhone khususnya dari goresan atau benturan.

Banyak pengguna iPhone yang segera memasang pelindung layar sesaat setelah mendapatkan iPhone barunya. Namun, tidak sedikit juga yang memutuskan untuk tidak menggunakan pelindung layar di iPhone mereka sama sekali.


Lalu sebenarnya, apakah iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max membutuhkan Tempered Glass?

Alasan Mengapa iPhone 13, 13 mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max Perlu Menggunakan Pelindung Layar

Meskipun layar yang ada pada jajaran iPhone 13 telah menggunakan lapisan pelindung berbahan keramik yang diklaim lebih kuat dari kaca smartphone pada umumnya, namun tidak sepenuhnya dapat terbebas dari goresan ataupun risiko pecah akibat jatuh dan terbentur.

Setidaknya ketika menggunakan pelindung layar kalian tidak perlu khawatir akan ada banyaknya goresan pada layar, sebab kalian hanya perlu mengganti pelindung layar tersebut dan iPhone akan terlihat baru kembali.

Selain itu beberapa pelindung layar seperti Tempered Glass berbahan kaca berkualitas tinggi, dapat secara signifikan membantu melindungi layar iPhone dari benturan keras seperti terjatuh.

Beberapa anti gores juga sudah menawarkan tingkat kejernihan layaknya tidak menggunakan anti gores sama sekali. Sensitivitas sentuhan layar iPhone pun tidak akan terlalu berpengaruh atau bahkan tidak berpengaruh sama sekali.

Alasan Mengapa iPhone 13, 13 mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max Tidak Perlu Menggunakan Pelindung Layar

Pemilihan pelindung layar iPhone yang kurang tepat juga dapat menyembunyikan keindahan layar iPhone serta sensasi sentuhannya.

Sedangkan lapisan pelindung keramik yang digunakan jajaran iPhone 13 sudah memiliki ketahanan dari benturan hingga berlipat-lipat lebih baik dibandingkan kaca smartphone pada umumnya.

Untuk goresan sendiri mungkin dapat muncul seiring penggunaan, namun biasanya hanya goresan yang halus dan hanya akan terlihat jika benar-benar diperhatikan pada sudut tertentu atau saat terpantul cahaya saja. Selagi kalian secara tidak sengaja menggosokan pasir atau benda tajam ke layar iPhone, maka tidak ada yang perlu terlalu dikhawatirkan.

Disarankan Pakai Pelindung Layar atau Tidak?

Menurut Admin sendiri jika kalian akan menggunakan iPhone tersebut untuk jangka panjang serta sering ditaruh di tas bersamaan dengan barang-barang lainnya yang berpotensi menggores layar iPhone, silakan gunakan pelindung layar namun pastikan yang berkualitas tinggi.

Selain itu kalian juga telah mengurangi risiko layar iPhone retak/pecah akibat terbentur yang dapat menghabiskan banyak biaya untuk perbaikannya.

Namun, jika kalian hanya akan menggunakan iPhone tersebut untuk jangka waktu yang singkat sebelum upgrade kembali di tahun berikutnya, atau tidak terlalu peduli dengan goresan pada layar selagi iPhone dapat berfungsi dengan normal, maka tidak menggunakan pelindung layar adalah pilihan yang tepat.

Kalian dapat merasakan indahnya layar iPhone serta sensasi sentuhan dari layar iPhone yang tentunya berbeda dari kebanyakan pelindung layar.

Kalau Admin sendiri dari tahun ke tahun saat mendapatkan iPhone baru selalu menggunakan pelindung layar dengan kualitas terbaik tentunya.