Berikut Cara Screenshot di Semua iPhone 13

Baru pertama kali menggunakan iPhone, khususnya iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, atau iPhone 13 Pro Max? belum tahu cara melakukan Screenshot atau Screenshot Panjang di iPhone kalian? 

Jika begitu maka kalian berada di halaman yang tepat, sebab pada postingan kali ini Admin akan membahas cara Screenshot ataupun Screenshot Panjang di iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.


Sebenarnya cara screenshot di iPhone khususnya yang sudah Full Screen semuanya sama saja, termasuk di seluruh jajaran iPhone 13 kali ini. Kalau begitu langsung saja simak cara-cara di bawah berikut.

Cara Screenshot di iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max

Untuk mengambil screenshot di iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max, silakan Tekan tombol Volume Atas dan tombol Lock/Power Secara Bersamaan lalu segera lepas kedua tombol tersebut, dalam arti jangan ditahan.


Setelah screenshot berhasil diambil akan muncul jendela hasil screenshot/preview yang terletak dipojok kiri bawah layar yang dapat kalian gunakan untuk secara langsung melihat hasil screenshot, mengedit, mengirim, atau memilih apakah screenshot ingin disimpan atau batal disimpan (dihapus).

Satu lagi, preview tersebut tidak perlu dibuka setiap kali mengambil screenshot, sebab screenshot yang diambil akan segera tersimpan ke galeri Foto iPhone. Kalian dapat mengabaikan preview tersebut atau mengusapnya ke arah kiri layar agar menghilang dengan cepat.

Cara Screenshot Panjang di iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max

Perlu diketahui bahwa screenshot panjang hanya berlaku di aplikasi tertentu saja, misalnya untuk mengambil tampilan satu halaman website di aplikasi browser Safari. Hasil screenshot bukan merupakan file gambar melainkan file PDF.

Jika tertarik, langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut.

1. Sebagai contoh, silakan ambil Screenshot halaman website ini

2. Kemudian langsung tap jendela preview yang muncul di kiri bawah layar


3. Selanjutnya tap pada menu Halaman Penuh/Full Screen kemudian tap menu Selesai lalu Simpan PDF ke File


4. Selanjutnya pilih direktori/tempat pada aplikasi File untuk menyimpan hasil Screenshot, lalu tap Simpan

5. Untuk mengakses atau melihat hasil Screenshot panjang, silakan buka aplikasi File lalu masuk ke direktori tempat Screenshot tadi disimpan

Cara Screenshot Menggunakan AssistiveTouch

Selain melalui kombinasi tombol di atas, kalian juga dapat memanfaatkan fitur AssisitveTouch untuk melakukan Screenshot ataupun mengakses pintasan fungsi-fungsi lainnya seperti mengunci layar, mengatur volume, membuka pusat kontrol, dan lain sebagainya.

1. Pertama buka aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh > AssistiveTouch lalu aktifkan menu AssisitveTouch.

2. Jika sudah akan muncul menu Bulat melayang di layar iPhone, silakan tap menu bulat melayang tersebut, berikut contohnya:


3. Selanjutnya pilih menu Perangkat > Lainnya lalu tap menu Jepretan Layar untuk mengambil Screenshot


Perlu diketahui tampilan AssisitiveTouch tidak akan ikut terambil saat melakukan Screenshot. Menu AssisitiveTouch akan terus tampil pada layar iPhone yang letaknya dapat dipindahkan dan akan menjadi lebih transparan apabila tidak diakses.

Cara Screenshot Menggunakan Back-Tap

Cara lainnya yang lebih praktis dan mudah yaitu dengan memanfaatkan fitur Back-Tap, yakni dengan mengetuk bagian belakang iPhone sebanyak dua atau tiga kali sebagai pintasan untuk mengambil Screenshot.

Bagaimana keren kan? berikut cara-caranya:

1. Pertama kita atur dulu pintasan Back-Tap melalui aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh > Ketuk Bagian Belakang

2. Kemudian pilih ingin menggunakan metode Ketuk Dua Kali atau Ketuk Tiga Kali

3. Jika sudah silakan pilih menu Jepretan Layar


4. Terakhir silakan dicoba dengan mengetuk atau tap dua ataupun tiga kali pada bagian belakang iPhone secara cepat dan lihat hasilnya, iPhone secara otomatis akan langsung mengambil Screenshot

Selain Screenshot, kalian juga dapat mengatur fitur Back-Tap atau metode Ketuk Dua Kali maupun Ketuk Tiga Kali sebagai pintasan ke fitur atau menu tertentu sesuai yang diinginkan.

Cara Screenshot Menggunakan Siri

Terakhir, kalian dapat memanfaatkan Virtual Assistant Siri untuk mengambil Screenshot di iPhone. Berikut caranya.

1. Pastikan fitur Siri sudah diaktifkan, silakan cek melalui aplikasi Pengaturan > Siri & Pencarian lalu pastikan menu Tombol Samping untuk Siri atau Dengarkan "Hey Siri" dalam keadaan menyala

2. Jika sudah untuk aktifkan Siri silakan tekan dan tahan tombol Lock iPhone atau katakan "Hey Siri!"

3. Apabila Siri sudah aktif, langsung saja katakan perintah seperti, "Hey Siri please take a Screenshot" atau "Screenshot please". Kalian bisa menggunakan kata-kata sendiri yang kira-kira meminta Siri untuk mengambil screenshot (dalam bahasa Inggris ya)

Oke, itu saja informasi cara Screenshot dan Screenshot panjang di iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.