Cara Mematikan dan Force Restart iPhone 13 mini, 13, 13 Pro, 13 Pro Max

Bagi yang baru pertama kali menggunakan iPhone atau yang sebelumnya sudah menggunakan iPhone namun yang layarnya belum Full Screen seperti layaknya jajaran iPhone 13. Pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara restart, force restart (restart paksa), atau sekedar untuk mematikan iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.


Restart adalah proses memulai ulang sistem pada iPhone, yakni dengan cara mematikan iPhone kemudian menyalakannya kembali.

Force Restart atau Restart Paksa berfungsi sama, namun digunakan untuk kondisi tertentu misalnya ketika iPhone tidak bisa merespon apapun.

Baik, kalau begitu langsung saja simak cara-caranya berikut ini.

Cara Force Restart iPhone 13, 13 mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max

Cara Force Restart atau Restart Paksa ini cukup penting diketahui karena digunakan untuk mengatasi iPhone yang tiba-tiba hang, freeze, atau tidak merespon apapun termasuk mati total.

Tenang saja, metode force restart tidak akan menghapus atau mengubah data apapun di iPhone kalian, hanya sekedar mengulang sistem secara paksa dengan cepat di kondisi tertentu.

Catatan: lakukan dengan tempo perpindahan antar tombol dengan cepat.

  1. Tekan tombol Volume Atas lalu lepas
  2. Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas
  3. Tekan dan Tahan terus tombol Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart)


Setelah melakukan langkah-langkah di atas dan sudah muncul logo Apple di layar, itu pertanda Force Restart atau Restart Paksa telah berhasil dilakukan. Tunggu hingga restart selesai dan iPhone seharusnya akan kembali berfungsi dengan normal.

Cara Mematikan iPhone 13, 13 mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max

Untuk mematikan iPhone prosesnya jauh lebih mudah, yakni:

  • Tekan dan Tahan Tombol Lock bersamaan dengan tombol Volume Bawah atau bisa juga dengan Volume Atas (pilih salah satu saja) hingga tampilan untuk mematikan iPhone muncul


Jika sudah muncul tampilan untuk mematikan iPhone seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah berikut, silakan geser icon Power ke arah kiri kanan untuk mematikan iPhone.


Untuk menyalakan kembali iPhone, kalian hanya perlu menekan dan menahan tombol Lock saja hingga iPhone menampilkan logo Apple.

Selain melalui tombol kalian juga dapat mematikan iPhone melalui aplikasi Pengaturan, tepatnya berada di Pengaturan > Umum lalu pilih menu Matikan lalu geser icon Power ke arah kiri layar untuk mengkonfirmasinya.

Cara Restart iPhone 13, 13 mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max

Me-Restart iPhone secara sederhana mengulang atau menyegarkan kembali sistem iPhone agar dapat berfungsi dengan baik, dengan cara mematikannya lalu menyalakannya kembali.

Jadi untuk me-restart iPhone, kalian cukup mematikan iPhone tersebut lalu menyalakannya kembali atau menggunakan metode Force Restart di atas.

Sebagai tambahan kalian juga dapat menggunakan AssistiveTouch untuk melakukannya. Namun sebelum itu silakan aktifkan terlebih dahulu AssistiveTouch melalui aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh > AssistiveTouch.

Jika sudah buka AssistiveTouch lalu masuk ke menu Perangkat > Lainnya kemudian pilih menu Mulai Ulang.


Bagaimana gampang kan?

Oke itu saja informasi cara Restart, Force Restart/Restart Paksa, dan Mematikan iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max yang dapat Admin bagikan.

Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih