Cara Mengubah Mode Data Jaringan 5G di iPhone dan iPad

Jaringan 5G menawarkan peningkatan kecepatan internet yang cukup tinggi serta latensi yang rendah dibandingkan pendahulunya.

Saat ini sudah cukup banyak iPhone dan iPad keluaran terbaru yang telah mendukung jaringan 5G, sehingga pengguna bisa streaming video berkualitas tinggi dengan lancar hingga mengupdate iOS tanpa membutuhkan WiFi lagi.


Nah, meski begitu penggunaan 5G sendiri memiliki efek samping, yakni baterai serta kuota data yang juga lebih boros. Untuk mengatasi masalah ini, iPhone memiliki pengaturan mode data yang digunakan untuk membatasi penggunaan 5G secara cermat.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk mengubah mode data 5G di iPhone dan iPad.

Cara Mengubah Mode Data 5G di iPhone dan iPad

1. Pertama buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Lalu masuk ke menu Seluler > Pilihan Data Seluler > Mode Data

3. Selanjutnya silakan pilih mode yang diinginkan


Apa Perbedaan Izinkan Lebih Banyak Data pada 5G (Allow More Data on 5G), Standar (Standard), dan Mode Data Rendah (Low Data Mode)?

  • Izinkan Lebih Banyak Data pada 5G (Allow More Data on 5G): iPhone akan menggunakan banyak data di jaringan 5G seperti streaming video kualitas tinggi, update iOS dengan data seluler, backup data ke iCloud, dan lain sebagainya.
  • Standar (Standard): iPhone tetap akan mengizinkan update dan tugas latar belakang yang membutuhkan jaringan, namun kualitas streaming dan lain sebagainya dibatasi tidak terlalu tinggi untuk menghemat penggunaan data
  • Mode Data Rendah (Low Data Mode): iPhone akan menghemat penggunaan data dengan menonaktifkan update otomatis dan tugas latar belakang yang membutuhkan jaringan seluler

Bagi yang ingin menghemat penggunaan data/kuota silakan pilih Mode Data Rendah, sebaliknya apabila memiliki banyak kuota data kalian dapat menggunakan mode Izinkan Lebih Banyak Data pada 5G atau mode Standar untuk pilihan yang seimbang.

Selain berpotensi menguras banyak kuota data, jaringan 5G juga berdampak pada penggunaan baterai yang sedikit lebih boros.

Jadi apabila kalian sedang bepergian menggunakan Mode Data Rendah mungkin dapat menjadi pilihan untuk menghemat kuota serta daya tahan baterai iPhone.