Status Jailbreak iOS/iPadOS 15.0.1 untuk iPhone dan iPad

iOS/iPadOS 15.0.1 baru saja dirilis dengan membawa perbaikan saat membuka Apple Watch di iPhone 13 serta aplikasi yang menampilkan peringatan penyimpanan penuh yang tidak benar.


Nah, bagi kalian yang mengalami salah satu dari masalah yang telah diperbaiki tersebut, mengupdate ke iOS/iPadOS 15.0.1 adalah pilihan yang tepat.

Namun, bagaimana dengan nasib jailbreak untuk iOS/iPadOS 15.0.1?

Status Jailbreak iOS/iPadOS 15.0.1

Sepertinya semakin lama akses jailbreak semakin sulit serta kurang diminati. Keamanan Apple yang terus diperkuat serta berkurangnya developer/hacker yang tertarik membuat aplikasi jailbreak, mungkin menjadi penyebabnya.

Sampai postingan ini ditulis, status jailbreak masih tetap sama sejak iOS 14.4 yakni belum tersedia.

Satu-satunya harapan jailbreak yang tersedia untuk iOS 15.0.1 saat ini hanyalah melalui aplikasi Checkra1n yang terbatas untuk untuk iPhone 6S hingga iPhone X saja. Sedangkan untuk iPhone XR, iPhone XS, iPhone 11, iPhone SE Gen 2, iPhone 12, dan iPhone 13, tidak didukung.

Jailbreak Checkra1n

Checkra1n merupakan aplikasi Jailbreak dengan exploit hardware-based bersifat Semi-Tethered, yang berpotensi mendapatkan akses jailbreak secara permanen pada perangkat yang mendukung, yakni mulai dari iPhone 5S hingga iPhone X.



Meski begitu, bagi pengguna iPhone 6S hingga iPhone X dengan iOS 15.0.1 tidak dapat secara langsung melakukan jailbreak. Dibutuhkan konfirmasi oleh developer Checkra1n untuk memastikan kompatibilitasnya.

Namun, aplikasi Checkra1n memberikan pilihan bagi pengguna untuk melakukan jailbreak pada iOS versi berapapun.

Untuk keberhasilannya tentu tidak dijamin, di sisi lain ada risiko iPhone menjadi bootloop apabila jailbreak gagal dilakukan dan risiko tentu ditanggung masing-masing.

Jika sudah bootloop iPhone perlu direstore ke pengaturan pabrik melalui mode Recovery agar dapat berfungsi dengan normal kembali. Namun data-data yang ada pada iPhone akan hilang apabila sebelum bootloop terjadi data tersebut belum sempat dibackup.

Bagi yang tertarik, langsung saja ikuti tutorial jailbreak menggunakan aplikasi Checkra1n khusus untuk iPhone 5S hingga iPhone X (iPhone 6S atau lebih baru di iOS 15.0.1), do with your own risk: Cara Jailbreak Semua iOS (iPhone 5S - X) Menggunakan Checkra1n