Download: Apple Rilis iOS 15.0.1 dan iPadOS 15.0.1 - Apa yang Baru?

Apple baru saja merilis update versi pertama untuk iOS/iPadOS 15 melalui iOS 15.0.1 untuk pengguna iPhone dan iPadOS 15.0.1 untuk pengguna iPad.

Dalam update kali ini Apple merilis sejumlah perbaikan, terutama bagi pengguna iPhone 13.

Berikut adalah catatan yang dirilis oleh Apple untuk iOS/iPadOS 15.0.1.

iOS/iPadOS 15.0.1 - Apa yang Baru?


Pembaruan ini disertai dengan perbaikan bug untuk iPhone Anda.
  • Membuka iPhone dengan Apple Watch mungkin tidak berfungsi di model iPhone 13
  • App Pengaturan mungkin menampilkan peringatan penyimpanan penuh yang tidak benar

Bagi yang sebelumnya mengalami salah satu masalah yang telah diperbaiki dalam catatan rilis di atas, untuk saat ini kalian sudah bisa mengupdate iPhone atau iPad kalian ke iOS/iPadOS 15.0.1.

Untuk mengupdate iOS/iPadOS ke versi terbaru silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Pastikan untuk download dan install update menggunakan jaringan WiFi dan baterai minimal 50% atau terhubung ke pengisian daya.

Status Jailbreak iOS/iPadOS 15.0.1

Saat postingan ini ditulis belum ada informasi ketersediaan jailbreak untuk iOS 15.0.1.

Satu-satunya harapan jailbreak untuk iOS/iPadOS 15.0.1 datang dari aplikasi Checkra1n, yakni aplikasi Jailbreak bersifat Semi-Tethered yang mendukung jailbreak permanen khusus untuk iPhone 5S hingga iPhone X.


Mengapa Permanen?

Checkra1n menggunakan exploit bootroom/hardware-based yang ditemukan di iPhone 5S hingga iPhone X.

Exploit tersebut tidak dapat dipatch atau perbaiki oleh Apple melalui update iOS/iPadOS, karena exploit ditemukan di hardware/perangkat keras yang ada pada iPhone/iPad itu sendiri.

Meski begitu hal tersebut tidak serta merta menjadikan iPhone 5S hingga iPhone X dapat dijailbreak langsung menggunakan aplikasi Checkra1n di iOS versi berapapun. Butuh dukungan atau update dari developer Checkra1n untuk memastikan kompatibilitasnya.

Atau, kalian dapat mencobanya sendiri tentu dengan risiko ditanggung masing-masing. Risiko tersebut seperti iPhone bootloop karena jailbreak gagal sehingga memaksa iPhone untuk direstore ke pengaturan pabrik agar normal kembali.

Apabila data-data pada iPhone sebelumnya tidak dibackup, maka data akan hilang secara permanen karena harus direstore ke pengaturan pabrik.

Bagi yang tertarik, langsung saja cek cara-caranya melalui postingan berikut (do with your own risk): Cara Jailbreak Semua iOS (iPhone 5S - X) Menggunakan Checkra1n