Cara Membedakan iPhone 11, 11 Pro, 11 Pro Max yang Asli dan Palsu

Ingin membedakan antara iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max yang asli dengan yang palsu/HDC/fake/KW? jika ya, sebenarnya sangat mudah untuk membedakannya, apalagi jika sebelumnya kalian sudah pernah menggunakan iPhone yang asli.

Perbedaan antara iPhone Asli dan Palsu dapat dicek secara fisik maupun sistem operasinya. Semirip-miripnya iPhone Palsu, ada banyak hal yang tidak dapat atau sulit ditiru oleh iPhone palsu karena memang akan membutuhkan biaya yang sangat mahal untuk menirunya, dan seperti yang kita tahu bahwa iPhone palsu dibanderol dengan harga yang sangat murah.


Murahnya iPhone palsu tersebut membuat perbedaan dengan yang aslinya semakin jelas dan tampak terlihat.

Pada postingan kali ini Admin secara khusus akan memberikan gambaran antara iPhone yang asli khususnya iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max, dengan iPhone palsu yang umumnya beredar.

Perbedaan Fisik

1. Ukuran Bezel

Bezel atau celah kecil antara layar dan body samping iPhone memiliki ukuran dan ketebalan yang sama (sekitar 3 - 4mm) dan tertata sangat rapih. Contohnya bisa kalian lihat melalui gambar di bawah berikut:

Ukuran Ketebalan Bezel iPhone 11 Asli

Sedangkan ciri-ciri utama iPhone Palsu/HDC/Fake/KW biasanya memiliki ukuran bezel yang tidak rapih, dalam arti bezel bagian bawah biasanya lebih besar, tebal, dan tidak sejajar dengan yang lainnya.

2. Ukuran Lensa Kamera

Apabila dilihat secara sekilas bentuk lensa kamera iPhone Palsu memang cukup terlihat sangat tidak rapih dan terkesan kurang menarik, mungkin karena terbuat dari bahan plastik. Jika diperhatikan lebih detail lagi, biasanya iPhone Palsu memiliki ukuran lensa (tepatnya bentuk lingkaran bagian dalam lensa) yang berukuran sama semua dan terlihat cukup jelas.

Sedangkan iPhone yang asli memiliki ukuran lingkaran dalam lensa yang berbeda-beda karena memang dibedakan oleh jenisnya, yakni kamera Telephoto, Wide, dan Ultra Wide.

Gambar Kamera iPhone 11 Pro Asli

3. Body/Rangka

iPhone 11 yang Asli menggunakan rangka bezel alumunium, sedangkan iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max menggunakan rangka bezel stainless steel.

Apabila disentuh dan dilihat secara sekilas, kalian akan mengetahui bahwa iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max memiliki kualitas rangka body/bezel yang sangat kuat, berisi, dan kokoh. Selain itu bobotnya juga agak sedikit berat.

Berikut adalah contoh tampilan bezel samping iPhone yang asli

Kiri iPhone 11 (kuning), kanan iPhone 11 Pro

Perbedaan Sistem Operasi

iPhone yang asli menggunakan sistem operasi iOS sedangkan iPhone palsu umumnya menggunakan sistem operasi Android. Jika dibedakan secara langsung akan sangat mudah mengetahui mana iPhone 11 yang asli dan yang palsu.

Berikut adalah contoh tampilan aplikasi serta menu yang terdapat pada iPhone atau iOS yang asli (contoh gambar menggunakan iOS 15).

Gambar Kiri: Home Screen, Gambar Tengah: Pusat Kontrol/Control Center, Gambar Kanan: Halaman Pencarian & Widget

Tampilan App Store

Tampilan Pengaturan iCloud

Cek IMEI

Setiap iPhone memiliki nomor Nomor Seri berbeda-beda yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi iPhone tersebut.

Untuk mengetahui keaslian iPhone melalui Nomor Seri, silakan ikuti cara-cara berikut ini.

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Umum > Mengenai

3. Jika sudah tap dan tahan pada menu Nomor Seri lalu tap Salin


4. Jika sudah silakan buka aplikasi browser Safari lalu buka link berikut: https://checkcoverage.apple.com/

5. Kemudian masukkan Nomor Seri iPhone yang sudah disalin tadi ke kolom yang disediakan, isi kode keamanan, lalu tap Lanjutkan

6. Apabila berhasil akan muncul informasi seputar iPhone tersebut, silakan cek apakah benar atau tidak


Cek Melalui Aplikasi iTunes

Punya laptop, notebook, komputer? jika ya tepat sekali, karena cara ini merupakan cara paling jitu untuk memastikan keaslian iPhone.

iPhone yang asli secara otomatis akan terdeteksi oleh aplikasi iTunes sedangkan iPhone palsu tentu saja tidak.

iTunes merupakan aplikasi milik Apple yang digunakan untuk membackup data-data, me-restore, update, dan lain sebagainya, khusus untuk produk Apple yang asli saja.

Untuk caranya langsung saja download dan install aplikasi iTunes di komputer kalian kemudian sambungkan iPhone dengan kabel data dan cek apakah aplikasi iTunes mendeteksi iPhone tersebut atau tidak.


Jika ya, maka bisa dipastikan 100% iPhone tersebut asli. Namun jika tidak, coba cek kembali kabel datanya apakah bermasalah atau tidak, atau jika memungkinan coba juga kabel data iPhone lainnya.

Harga!

Harga tentu tidak bohong, itulah kira-kira kata-kata yang sering kita dengar ketika akan membeli suatu produk.

Harga antara iPhone asli dan palsu/kw tentu memiliki perbedaan yang cukup jauh, bahkan bisa dibilang perbedaannya hampir 10x lipat.

Untuk saat ini harga iPhone asli yakni iPhone 11 masih dibanderol cukup mahal, yakni antara 8 - 11 jutaan, kemudian iPhone 11 Pro antara 10 - 14 jutaan, sedangkan iPhone 11 Pro Max antara 13 - 16 jutaan.

Sedangkan iPhone Palsu/HDC/Fake/KW memiliki harga yang terlampau jauh lebih murah, umumnya berkisar antara 1 hingga 2 jutaan saja.

Penutup!

Nah, bagaimana apakah sudah mengetahui kira-kira bagaimana ciri-ciri antara iPhone yang asli dengan iPhone yang palsu, hdc, Fake, atau kw?

Apabila masih belum yakin, kalian bisa mencari review iPhone di YouTube dan melihat dengan jelas kira-kira bagaimana gambaran dan tampilan dari iPhone yang asli.