Cara Mengatasi Hasil Kamera iPhone Jadi Kuning

Tidak sedikit pengguna iPhone yang melaporkan bahwa hasil kamera di iPhone mereka menjadi warna kuning.

Lalu apakah warna kuning berlebih pada hasil kamera iPhone tersebut normal dan jika tidak bagaimana cara memperbaikinya?

Karakteristik Kamera iPhone


Pertama-tama perlu diketahui bahwa menguningnya hasil kamera pada iPhone biasanya disebabkan oleh karakteristik dari kamera iPhone itu sendiri yang cenderung menghasilkan warna yang lebih hangat (hangat = lebih kuning), dibandingkan dengan smartphone lainnya.

Hal ini umumnya seringkali terjadi pada iPhone yang tergolong baru seperti iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE Gen-2, iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max, iPhone SE Gen-3, iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, iPhone 14 Pro Max, dan lebih baru lainnya.

Selain itu juga, faktor-faktor lainnya seperti pengaturan layar serta efek kamera juga berpengaruh.

Namun tidak perlu khawatir bagi yang merasa hasil foto di kamera iPhone terlalu kuning, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-cara untuk mengatasinya, yakni menjadikan hasil kamera agar tidak terlalu kuning lagi.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut ini.

Nonaktifkan True Tone dan Night Shift

True Tone dan Night Shift memang bukan pengaturan untuk kamera melainkan fitur pada layar iPhone.

Lalu mengapa harus dinonaktifkan? sebab kedua fitur tersebut dapat membuat warna layar pada iPhone menjadi lebih kuning sehingga hasil foto melalui kamera iPhone pun akan terlihat semakin kuning.

Untuk menonaktifkan True Tone dan Night Shift silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Tampilan & Kecerahan lalu pastikan menu True Tone sudah dinonaktifkan dan menu Night Shift dalam keadaan Mati.


Gunakan Filter Kamera iPhone

Nah, cara selanjutnya ini merupakan cara utama yang paling ampuh dan secara total akan mengurangi warna kuning pada hasil kamera iPhone.

iPhone sendiri menyediakan filter yang dapat digunakan oleh pengguna untuk mengubah hasil warna kamera, khususnya untuk menjadikan warna pada kamera lebih dingin dalam arti tidak terlalu kuning.

Caranya:

1. Buka aplikasi Kamera iPhone

2. Kemudian tap "icon panah ke atas" yang berada di bagian atas layar untuk menampilkan menu Filter kamera, contohnya seperti yang ditampilkan oleh gambar di bawah berikut:


3. Selanjutnya pilih icon filter seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah berikut:


Apabila filter tidak tampil silakan usap menu di bawah tersebut ke arah kiri layar

4. Jika sudah sekarang geser menu filter ke arah kiri dan pilih menu filter JELAS DINGIN


5. Terakhir silakan coba kembali untuk mengambil foto dan lihat hasilnya

Sebagai tambahan apabila ingin menetapkan filter tersebut sebagai bawaan saat menggunakan kamera iPhone, silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Kamera > Pertahankan Pengaturan lalu aktifkan menu Kontrol Kreatif.


Apabila menu Kontrol Kreatif dalam keadaan aktif maka pengaturan yang dibuat dalam aplikasi kamera seperti filter, rasio, cahaya, dan kedalaman foto akan disimpan dan tidak akan direset kembali ke pengaturan awal.

Namun, apabila kalian ingin mengembalikan pengaturan kamera iPhone ke pengaturan bawaan, silakan nonaktifkan menu Kontrol Kreatif tersebut, tutup aplikasi Kamera iPhone selama beberapa saat, dan buka kembali.

Mengubah Warna Foto yang Sudah Ada Agar Tidak Kuning

Khusus bagi yang ingin mengurangi warna kuning pada foto atau video yang sudah diambil sebelumnya, kalian dapat melakukannya dengan sangat mudah.

Ngomong-ngomong, cara ini sebenarnya lebih Admin sarankan dibandingkan cara pertama di atas.

1. Buka aplikasi galeri Foto bawaan iPhone

2. Kemudian pilih Foto/Video yang ingin dikurangi warna kuningnya

3. Lalu tap menu Edit di ujung kanan atas


4. Selanjutnya silakan geser menu pengaturan pencahayaan ke arah kiri dan cari menu KEHANGATAN, contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah


5. Jika sudah silakan kurangi pengaturan kehangatan sesuai yang diinginkan, caranya silakan usap menu seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ke arah kanan layar


6. Apabila warna yang tepat sudah ditemukan silakan tap menu Selesai yang ada di pojok kiri bawah layar

Bagaimana mudah bukan?

Selain itu kalian juga dapat mengembalikan foto atau video yang sudah diedit ke bawaan aslinya loh..

Caranya tap kembali pada menu Edit lalu tap icon panah merah yang ada di ujung kanan bawah layar, lalu tap Kembalikan ke Aslinya.


Penutup...

Warna pada kamera iPhone yang tampak lebih kuning, umumnya lebih disebabkan oleh pengaturan otomatis yang dilakukan kamera iPhone untuk mendapatkan hasil yang lebih natural dan akurat sesuai dengan kondisi pencahyaan sekitar.

Namun, beberapa pengguna mungkin tidak menyukainya dan menganggap warna tersebut terlalu kuning. Beruntung kalian dapat mengatasinya melalui Filter atau menyesuaikan warna kuning tersebut melalui aplikasi Foto bawaan iPhone.

Baik, itu saja informasi cara Mengatasi Hasil Kamera di iPhone yang Jadi Warna Kuning. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, jangan ragu, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.