Cara Refresh iPhone Agar Tidak Lemot Lagi

Seiring waktu tidak jarang pengguna yang mendapati bahwa iPhone mereka semakin lemot bahkan hingga berujung ngelag/freeze saat menjalankan aplikasi atau aktivitas lainnya.

Ada beberapa hal utama yang dapat menyebabkan iPhone menjadi lemot, misalnya seperti usia dan performa iPhone, beratnya aplikasi/game yang dijalankan, kesehatan baterai iPhone mulai menurun drastis, hingga adanya bug/kesalahan pada sistem.


Nah, salah satu cara sederhana untuk mengatasi iPhone yang lemot adalah dengan menyegarkan/refresh sistem iOS agar dapat normal kembali. Terutama untuk meningkatkan ruang kosong pada RAM.

Ketika selesai di-refresh biasanya masalah yang berhubungan dengan kesalahan pada sistem iPhone, sebagai contoh iPhone yang semakin lemot, dapat langsung teratasi.

Cara Refresh iPhone dengan Di-Restart

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk me-refresh kembali sistem pada iPhone, yang paling ampuh yakni dengan me-restart iPhone atau secara sederhana dengan mematikan kemudian menyalakan kembali iPhone.

Cara ini juga secara efektif akan membersihkan RAM sehingga performa iPhone dapat meningkat.

Berikut adalah metode cepat untuk me-restart iPhone:

Untuk iPhone 8, X, XR, XS, 11, SE 2, 12, 13, dan lebih baru:

  • Tekan tombol Volume Atas lalu segera Lepas
  • Tekan tombol Volume Bawah lalu segera Lepas
  • Tekan dan Tahan tombol Power/Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart)

Untuk iPhone 7 dan 7 Plus:

  • Tekan tombol Volume Bawah dan tombol Power/Lock secara bersamaan hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart)

Untuk iPhone SE, 6S, 6, 5S, dan lebih lama lainnya:

  • Tekan tombol Home/Utama dan tombol Power/Lock secara bersamaan hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart)

Dengan melakukan Restart, sistem pada iPhone akan disegarkan kembali.

Jika beruntung kalian dapat melihat perubahan bahwa iPhone kini berjalan lebih lancar dibandingkan sebelum di-restart.

Refresh iPhone dengan Update ke iOS versi Terbaru

Selain me-restart iPhone, mengupdate iOS ke versi terbaru merupakan hal yang wajib dicoba.

Di iOS versi terbaru Apple secara rutin mengoptimalkan dan memperbaiki beragam bug serta keamanan yang dapat mempengaruhi performa iPhone.

Jadi untuk cara refresh selanjutnya pertimbangkan untuk update iOS pada iPhone ke versi terbaru.

Caranya silakan siapkan koneksi WiFi dan Baterai minimal 50% atau sambungkan ke pengisian daya, lalu cek, download, dan install update iOS terbaru melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.


Refresh iPhone dengan Me-Reset Kembali ke Pengaturan Pabrik

Aplikasi, file, serta proses latar belakang yang sudah menumpuk, mungkin dapat menyebabkan sistem pada iPhone menjadi kurang optimal.

Jika sudah begitu kalian dapat mencoba mempertimbangkan untuk me-reset iPhone tersebut kembali ke pengaturan pabrik alias menjadi kosong seperti baru kembali.

Cara ini mungkin bukan pilihan yang tepat karena pengguna harus membackup seluruh data-data karena proses reset akan menghapus seluruh data pada iPhone, men-download ulang seluruh aplikasi, mengatur dan memasukkan kembali akun pada seluruh aplikasi dan layanan, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Jika berminat untuk me-reset seluruh iPhone kembali ke pengaturan pabrik kalian dapat melakukannya melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone kemudian pilih Hapus Konten & Pengaturan lalu ikuti prosesnya hingga selesai.


Tips Tambahan Agar iPhone Tidak Lemot

Apabila cara-cara refresh di atas tidak membuahkan hasil yang memuaskan, perhatikan beberapa tips berikut:

  • Hapus aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi, terutama aplikasi sosial media atau chat yang sering mengirimkan notifikasi
  • Nonaktifkan Segarkan App di Latar melalui Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar untuk mencegah aplikasi berjalan dan mengirimkan notifikasi di latar belakang
  • Nonaktifkan download otomatis melalui Pengaturan > App Store
  • Jika diperlukan nonaktifkan juga backup otomatis melalui Pengaturan > ID Apple, iCloud, Media & Pembelian > iCloud lalu nonaktifkan Cadangan iCloud
  • Nonaktifkan Mode Hemat Daya apabila dalam keadaan aktif
  • Nonaktifkan konektivitas yang sedang tidak digunakan, misalnya Bluetooth atau WiFi

Cek Kesehatan Baterai

Coba cek juga Kesehatan Baterai/Battery Health iPhone melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.


Kesehatan Baterai yang sudah menurun jauh (Kapasitas Maksimum Baterai berada di sekitar 70% atau lebih rendah) dapat mempengaruhi performa serta stabilitas iPhone.

Untuk mengatasinya tidak ada cara lain selain mengganti komponen baterai pada iPhone tersebut ke komponen baterai yang baru.

Penutup...

Me-Refresh iPhone untuk memastikan sistem berjalan dengan baik cukup dilakukan melalui cara pertama di atas, yakni dengan di-restart. Bila diperlukan, kalian dapat melakukan cara ini setiap seminggu sekali.

Nah, bagaimana apakah setelah mengikuti salah satu cara yang ada di atas performa iPhone kalian kembali segar seperti sedia kala? silakan tinggalkan komentar kalian melalui kolom komentar di bawah ya.