Cara Agar Layar iPhone Tidak Mati Sendiri Saat Video Call

Tidak sedikit pengguna iPhone yang melaporkan bahwa saat melakukan panggilan Video Call layar iPhone mereka tiba-tiba terkunci atau redup dan mati sendiri.

Seharusnya saat panggilan video call hal ini tidak terjadi sebab pengguna tentu akan menatap ke arah layar untuk saling berinteraksi.


Nah, untuk mengatasinya langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut.

Nonaktifkan Fitur Sadar Perhatian

Khusus bagi yang menggunakan iPhone dengan Face ID seperti iPhone X, XR, XS, 11, 12, 13, dan lain sebagainya, coba nonaktifkan  "Fitur Sadar Perhatian".

Caranya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Face ID & Kode Sandi kemudian nonaktifkan menu Fitur Sadar Perhatian.


Apabila tidak berhasil nonaktifkan juga fitur Perlukan Perhatian untuk Face ID.

Jika sudah silakan cek kembali hasilnya.

Layar Redup Sendiri? Nonaktifkan Kecerahan Otomatis

Apabila saat melakukan panggilan Video Call layar iPhone hanya redup dalam arti tidak terkunci, silakan nonaktifkan fitur Kecerahan Otomatis. Sebab fitur ini secara otomatis akan mengatur kecerahan layar iPhone mengikuti pencahayaan di sekitar kalian.

Caranya buka aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks lalu nonaktifkan menu Kecerahan Otomatis.

Atur Manual fitur Kunci-Otomatis

Apabila kedua cara di atas tidak membuahkan hasil, untuk sementara pertimbangkan untuk mengubah waktu kunci layar ke waktu yang diinginkan atau menonaktifkan agar layar tidak terkunci otomatis.

Caranya buka aplikasi Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Kunci-Otomatis lalu pilih waktu yang diinginkan.


Apabila menu Kunci-Otomatis tidak dapat diakses silakan nonaktifkan Mode Daya Rendah.

Update Aplikasi ke versi Terbaru

Ada kemungkinan aplikasi yang kalian gunakan untuk melakukan Video Call, sebagai contoh WhatsApp, mengalami bug atau masalah.

Untuk mengatasinya coba update aplikasi ke versi terbaru apabila tersedia melalui App Store.

Update ke iOS versi Terbaru

Sama seperti aplikasi ada kemungkinan iOS pada iPhone kalian mengalami bug atau masalah, untuk mengatasinya coba update iOS ke versi terbaru apabila tersedia.

Caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak lalu download dan install pembaruan iOS yang tersedia.

Reset Pengaturan iPhone

Selanjutnya pertimbangkan untuk me-reset pengaturan iPhone kembali ke pengaturan awal (tanpa menghapus data).

Caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang lalu pilih menu Atur Ulang Pengaturan.


Penutup...

Bagaimana apakah sudah berhasil? Admin rasa seharusnya sudah ya, namun apabila cara-cara di atas tidak ada satupun yang membuahkan hasil pertimbangkan untuk menghapus aplikasi yang digunakan untuk melakukan panggilan video call dan menginstallnya kembali.

Oke itu saja informasi cara agar layar iPhone tidak mati sendiri saat panggilan video call. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!