Cara Mengatasi Mobile Legends di iPhone Tiba-Tiba Ngelag

Tidak sedikit pengguna iPhone yang melaporkan bahwa game Mobile Legends di iPhone mereka tiba-tiba menjadi sangat ngelag. Hal ini biasanya diikuti dengan game yang harus mengulang lagi dari awal ketika keluar dari game atau sekedar ingin menutup aplikasi lainnya yang sedang terbuka.


Untuk mengatasinya kalian dapat mencoba cara-cara di bawah berikut.

Tutup Aplikasi Lainnya yang Sedang Terbuka

Untuk mengurangi beban yang dapat menguras kinerja iPhone terutama RAM, silakan tutup aplikasi lainnya yang masih terbuka sebelum menjalankan game Mobile Legends.

Kurangi Tingkat Pengaturan Grafik

Biasanya game Mobile Legends yang tiba-tiba saja ngelag diikuti dengan suhu pada iPhone yang menjadi sangat panas (overheat).

Nah, panas tersebut dihasilkan oleh iPhone yang berusaha keras untuk menjalankan game yang mungkin sudah tergolong berat untuk iPhone kalian. Untuk mengatasinya silakan kurangi tingkat pengaturan grafik untuk memperingan kinerja iPhone dalam menjalankan game. 

Caranya langsung saja buka game Mobile Legends lalu masuk ke menu Pengaturan > Dasar lalu ubah:

  • Outline = Nonaktif
  • Mode HD = Nonaktif
  • Mode HFR = Nonaktif
  • Bayangan = Nonaktif
  • Pengoptimalan FPS = Aktif
  • Grafis = Rendah


Jika sudah silakan cek kembali hasilnya.

Sebagai catatan mungkin ketika Mode HFR dinonaktifkan game akan berjalan tidak semulus sebelumnya, namun hal ini dapat secara signifikan mengurangi beban kinerja iPhone dan panas yang dihasilnya.

Kalian dapat mengaktifkan kembali Mode HFR apabila iPhone sudah dalam kondisi yang stabil dan lag tidak muncul lagi.

Aktifkan Mode Daya Rendah

Mode Daya Rendah berfungsi untuk menghemat baterai iPhone dengan menonaktifkan beragam tugas latar belakang yang banyak menguras daya dan kinerja iPhone. Selain itu mode ini juga akan membatasi performa maksimal iPhone yang dapat meredam panas berlebih.

Untuk mengaktifkannya silakan buka Pusat Kontrol lalu tap pada icon Baterai yang ada, atau buka aplikasi Pengaturan > Baterai lalu aktifkan menu Mode Daya Rendah.

Gunakan Mode Pesawat

Menggunakan jaringan internet dari WiFi? bagus, itu artinya beban kinerja iPhone dapat dikurangi untuk fokus menjalankan game Mobile Legends.

Mengaktifkan Mode Pesawat akan menonaktifkan jaringan data seluler, hal ini dapat membantu mengurangi beban kinerja iPhone dalam mencari dan menstabilkan sinyal dari data seluler penyebab iPhone cepat panas.

Setelah Mode Pesawat diaktifkan kalian dapat menggunakan WiFi untuk bermain game Mobile Legends dengan lancar.

Kurangi Kecerahan Layar

Kecerahan Layar yang Tinggi dapat menyebabkan iPhone cepat panas (terutama layar) dan menguras cukup banyak baterai.

Untuk mengatasinya kalian dapat mengurangi kecerahan layar iPhone.

Restart iPhone

Untuk mengatasi bug atau menyegarkan kembali sistem pada iPhone, silakan restart iPhone dengan cara mematikannya kemudian menyalakannya kembali.

Jika sudah terapkan cara-cara sebelumnya di atas dan lihat hasilnya.

Pastikan iPhone Tidak Panas

Selain cara-cara di atas cara lainnya untuk mengurangi panas berlebih penyebab lag pada game adalah dengan melepas case yang menempel pada iPhone.

Selanjutnya pastikan juga iPhone teraliri udara segar saat dimainkan agar tidak cepat panas.

Update ke iOS versi Terbaru

Selanjutnya coba update iOS pada iPhone kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak (gunakan WiFi).


Biasanya di update versi terbaru banyak perbaikan agar iPhone dapat berjalan dengan lebih optimal.

Update Game Mobile Legends ke versi Terbaru

Selain iOS coba juga cek apakah tersedia update terbaru untuk game Mobile Legends di App Store. Jika ya, disarankan untuk segera mengupdate game Mobile Legends kalian ke versi terbaru.

Sama seperti mengupdate iOS, biasanya game versi terbaru membawa sejumlah perbaikan agar game berjalan dengan lebih lancar dan optimal.

Cek Kesehatan Baterai

Cara-cara di atas tidak banyak membantu atau bahkan tidak membuahkan hasil sama sekali? silakan cek apakah masalah datang dari kesehatan baterai iPhone yang sudah memburuk.

Caranya buka aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Apabila Kapasitas Maksimum Baterai telah menunjukkan di bawah 80% serta muncul "Pesan" yang mengindikasikan penurunan drastis kesehatan baterai, maka masalah kemungkinan besar diakibatkan oleh komponen Baterai yang sudah tidak lagi baik.

Solusinya tentu adalah dengan mengganti komponen baterai iPhone ke yang baru untuk memulihkan kinerja iPhone seperti layaknya iPhone baru.