Mengatasi iPhone 13, 13 mini, dan 13 Pro Max yang Sering Restart Sendiri

Beberapa pengguna iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max melaporkan bahwa iPhone mereka sering mengalami restart sendiri atau mati secara tiba-tiba kemudian menyala kembali. Tidak jarang juga iPhone malah stuck di logo Apple dan tidak dapat masuk ke home screen.


Jika beruntung masalah tersebut hanya disebabkan oleh bug pada iOS dan dapat dengan cukup mudah diatasi. Namun jika tidak, maka penyebabnya datang dari komponen/hardware pada iPhone itu sendiri.

Oh ya, perlu diingat juga bahwa apabila Restart Sendiri terjadi tiba-tiba saat malam hari atau iPhone menampilkan logo Apple dengan progress bar (garis) di bawah logo Apple, hal tersebut menandakan iPhone sendang meng-update ke iOS versi terbaru yang dilakukan secara otomatis. Hal ini sangatlah normal.

Kalian dapat mengatur update iOS yang terjadi secara otomatis tersebut melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak > Pembaruan Otomatis.

Untuk mencoba mengatasi masalah tersebut kalian dapat mencoba cara-cara di bawah berikut ini.

Restart Paksa iPhone

Cara ini disarankan khususnya bagi iPhone yang stuck di logo Apple.

  1. Tekan tombol Volume Atas lalu segera lepas
  2. Tekan tombol Volume Bawah lalu segera lepas
  3. Tekan dan Tahan tombol Power/Lock hingga iPhone Restart

Update ke iOS versi Terbaru

Khusus bagi yang masih bisa masuk ke home screen (tidak stuck di logo Apple) coba update iOS pada iPhone ke versi terbaru yang tersedia saat ini melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Cek Kesehatan Baterai iPhone

Nah, salah satu penyebab paling umum mengapa iPhone sering mengalami restart sendiri yang diikuti dengan iPhone yang cepat panas, baterai yang boros, dan lain sebagainya, datang dari Kesehatan Baterai iPhone yang telah jauh menurun.

Kesehatan Baterai iPhone dapat dicek melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Apabila menu Kesehatan Baterai iPhone telah menampilkan status "Servis" serta muncul "Pesan Baterai Penting" yang menunjukkan bahwa Kesehatan Baterai telah berkurang drastis, maka penggantian baterai iPhone ke komponen baterai yang baru adalah salah satu solusi tepat untuk mengatasi masalah ini.


Downgrade ke iOS versi Sebelumnya

Apabila cara-cara di atas tidak berhasil, kesehatan baterai iPhone masih dalam status yang baik, pertimbangkan untuk downgrade ke iOS versi sebelumnya. Namun, proses downgrade akan menghapus seluruh data-data yang ada pada iPhone.

Jika tertarik mencoba langsung saja cek cara-caranya pada postingan berikut: Cara Lengkap Downgrade dari iOS 15 Kembali ke iOS 14

Solusi Terakhir...

Apabila iPhone masih tetap restart sendiri pertimbangkan untuk membawa iPhone tersebut ke service center resmi Apple di Indonesia atau jika masih dalam masa garansi bisa coba diklaim garansi.

Oke, itu saja informasi cara mengatasi iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.