Apa Arti dan Maksud dari Kapasitas Maksimum Baterai iPhone?

Pengguna dapat memantau kesehatan komponen baterai di iPhone mereka melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Salah satu menu yang mungkin cukup menjadi perhatian adalah menu "Kapasitas Maksimum" atau "Maximum Capacity" yang menampilkan persentase angka. Baterai yang masih baru dan sehat akan menampilkan angka 100% meskipun angka tersebut akan menurun secara perlahan seiring dengan waktu.


Lalu apa itu Kapasitas Maksimum, apa fungsi, arti, serta maksud dari angka yang ditunjukkan?

Apa itu Kapasitas Maksimum Baterai iPhone?

Baterai merupakan komponen yang dapat menurun kemampuannya dalam menyimpan daya seiring dengan waktu.

Kapasitas Maksimum (Maximum Capacity) pada Kesehatan Baterai (Battery Health) iPhone merupakan menu yang menampilkan sisa daya yang masih dapat ditampung oleh Baterai sesuai dengan spesifikasi daya tampung maksimalnya.

Sebagai contoh, spesifikasi maksimum daya yang dapat ditampung oleh komponen baterai iPhone 11 yakni sebesar 3110 mAh. Apabila menu Kapasitas Maksimum menunjukkan angka 100% maka komponen baterai iPhone berarti masih dapat menampung daya penuh ketika dicharge hingga mencapai spesifikasi maksimalnya yakni sebesar 3110 mAh.

Namun seiring dengan waktu dan penggunaan komponen baterai sedikit demi sedikit kehilangan kemampuan untuk mengisi daya hingga kapasitas maksimal sesuai dengan spesifikasinya. Nah, penurunan kemampuan tersebutlah yang menjadi akan ditunjukkan oleh menu Kapasitas Maksimum.

Sebagai contoh lagi, apabila Kapasitas Maksimum telah menunjukkan angka 90% berarti komponen baterai kini hanya dapat menampung daya terbatas di 90% dari spesifikasi maksimal yang dapat ditampung oleh komponen baterai tersebut, yakni 90% dari 3110 mAh adalah 2799 mAh.

Dampak Penurunan Kapasitas Maksimum Baterai iPhone

Penurunan Kapasitas Maksimum Baterai atau yang seringkali disebut juga penurunan Kesehatan Baterai (Battery Health), tentu berdampak pada waktu penggunaan baterai tersebut yang semakin singkat alias menjadi lebih boros.

Normalnya komponen Baterai pada iPhone dapat dikatakan sudah perlu untuk segera diganti apabila menu Kapasitas Maksimum telah menunjukkan angka di bawah 80% atau muncul pesan yang menunjukkan penurunan drastis kesehatan baterai iPhone (biasanya status Servis).


Penggantian ke komponen Baterai iPhone yang baru tentu akan mengembalikan Kapasitas Maksimum baterai ke angka 100%.

Membiarkan Kapasitas Maksimum baterai iPhone terus turun di bawah 80% dapat menyebabkan beragam masalah, mulai dari iPhone yang sulit mengisi daya, iPhone cepat panas, penurunan daya baterai yang terjadi tiba-tiba, dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Mencegah Penurunan Kapasitas Maksimum Baterai iPhone?

Penurunan Kapasitas Maksimum Baterai tidak dapat dicegah, hal ini sudah menjadi sifat Baterai yang merupakan komponen habis pakai dalam arti akan mengalami penurunan kemampuan seiring dengan waktu, bahkan ketika tidak dipakai sama sekali pun penurunan akan tetap terjadi meski dalam waktu yang sangat-sangat lama.

Hal yang dapat kalian lakukan adalah mencegah agar penurunan Kapasitas Maksimum Baterai tidak terjadi dalam waktu yang cepat. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan beberapa cara yang ada pada postingan berikut: Cara Memperlambat Penurunan Kesehatan Baterai iPhone