Cara Mengembalikan Keyboard iPhone Seperti Semula

Keyboard iPhone tiba-tiba bermasalah, berubah tampilan, dan tidak sesuai dengan yang seharusnya? atau kalian hanya ingin sekedar mengembalikan keyboard iPhone ke tampilan semula/awal sesuai bawaan iPhone tersebut? jika ya maka pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-caranya.


Terdapat dua metode yang dapat kalian pilih, pertama mengatur kembali keyboard iPhone secara manual atau mengatur total pengaturan iPhone yang juga akan mengembalikan pengaturan pada menu lainnya seperti tata letak aplikasi, pengaturan WiFi tersimpan, bluetooth, dan lain sebagainya.

Admin sendiri lebih merekomendasikan untuk mengatur Keyboard iPhone kembali ke pengaturan awal secara manual, berikut caranya.

Cara Mengembalikan Keyboard iPhone Seperti Semula Secara Manual

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Umum > Papan Ketik > Papan Ketik

3. Jika sudah pastikan di urutan paling teratas kalian menggunakan keyboard Bahasa Indonesia atau sesuai bahasa yang digunakan pada iPhone

4. Untuk mengaturnya silakan tap pada menu Edit lalu tap dan tahan pada menu/icon 3 garis di samping menu keyboard dan seret ke urutan paling atas


5. Selanjutnya silakan hapus juga keyboard yang tidak digunakan (kecuali keyboard Emoji)

6. Sekarang kembali ke menu utama pengaturan Papan Ketik lalu aktifkan seluruh menu yang ingin digunakan seperti Huruf Besar Otomatis, Koreksi Otomatis, Aktifkan Huruf Besar, dan lain sebagainya.

Menghapus Penggantian Teks Keyboard iPhone

Penggantian Teks adalah fitur yang digunakan untuk mengubah teks tertentu menjadi tulisan yang sebelumnya sudah diatur.

Nah, untuk melihat, mengatur, dan menghapus penggantian teks tersebut, masih di menu yang sama yakni Papan Ketik silakan masuk ke menu Penggantian Teks lalu ubah penggantian teks yang diinginkan.


Kemudian bagi yang ingin menghapus menu penggantian teks tersebut langsung saja seret menu ke arah kiri layar lalu tap Hapus atau gunakan menu Edit di pojok kiri bawah layar.


Reset Ulang Pengaturan iPhone

Apabila cara-cara di atas tidak ada yang berhasil mengembalikan pengaturan Keyboard di iPhone kalian sesuai dengan yang diinginkan, maka pertimbangkan untuk me-reset seluruh pengaturan iPhone.

Tenang saja, cara ini hanya akan me-reset pengaturan tanpa menghapus data-data seperti foto, kontak, aplikasi, dan lain sebagainya.

1. Pertama buka aplikasi Pengaturan

2. Lalu masuk ke menu Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang lalu pilih menu Atur Ulang Pengaturan


3. Jika sudah maka seluruh pengaturan iPhone akan dikembalikan seperti semula termasuk pengaturan keyboard

Bagaimana apakah sudah berhasil? Admin rasa dan harap seperti itu ya, namun jika ada yang masih kurang jelas atau ingin ditanyakan langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih.