iPhone Restart atau Mati Nyala Sendiri (Bootloop) Setelah Jatuh

Beberapa pengguna melaporkan bahwa iPhone mereka mengalami restart atau sering mati sendiri secara terus-menerus dan tiba-tiba (bootloop) setelah terjatuh atau terbentur.

iPhone yang terbentur cukup keras seringkali diikuti dengan kerusakan yang dapat dilihat secara fisik, misalnya layar pecah, retak, terangkat, bengkok, dan lain sebagainya.


Namun, ada beberapa kasus dimana iPhone yang terjatuh tidak banyak menimbulkan kerusakan berarti yang dapat dilihat secara fisik, tetapi mengalami gejala masalah yang cukup serius seperti tiba-tiba sering restart atau mati dengan sendirinya sendiri.

Lalu apa yang menjadi penyebabnya dan bagaimana solusi untuk mengatasinya?

Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Restart dan Mati Sendiri (Bootloop) Setelah Terjatuh

iPhone yang sering restart atau mati sendiri (bootloop) setelah terjatuh biasanya disebabkan oleh masalah pada salah satu komponen atau konektor dalam iPhone, entah itu kendur atau mengalami kerusakan.

Jika beruntung hal ini hanya disebabkan oleh masalah pada sistem, khususnya apabila restart dan mati sendiri terjadi secara terus menerus (bootloop) dan iPhone hanya menampilkan logo Apple saja.

Untuk memperbaikinya pengguna dapat mencoba metode Restart Paksa (Force Restart) berikut:

Untuk iPhone 8, X, XR, XS, 11, SE 2, 12, 13, dan lebih baru lainnya:

  1. Tekan tombol Volume Atas lalu segera lepas
  2. Tekan tombol Volume Bawah lalu segera lepas
  3. Tekan dan Tahan terus tombol Power/Lock hingga layar iPhone menampilkan logo Apple

Untuk iPhone 7 dan 7 Plus

  1. Posisikan jari pada tombol Volume Bawah dan tombol Power/Lock
  2. Jika sudah Tekan dan Tahan kedua tombol tersebut hingga layar iPhone menampilkan logo Apple

Untuk iPhone SE, 6S, 6, 5S, dan lebih lama lainnya:

  1. Posisikan jari pada tombol Home dan tombol Power/Lock
  2. Jika sudah Tekan dan Tahan kedua tombol tersebut hingga layar iPhone menampilkan logo Apple

Apabila setelah menggunakan metode di atas iPhone tidak masuk ke Home Screen atau kembali normal, kalian dapat mencoba me-restore iPhone melalui komputer/mac dengan Mode Recovery atau DFU, berikut caranya: Cara Masuk ke Recovery dan DFU Mode di Semua Model iPhone

Solusi Terakhir

iPhone tidak terdeteksi oleh komputer setelah mencoba masuk ke mode Recovery atau DFU dan metode Restart Paksa juga tidak membuahkan hasil, ada kemungkinan masalah disebabkan oleh masalah pada komponen dalam iPhone.

Disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke service center resmi Apple atau layanan perbaikan yang telah terpercaya serta profesional lainnya, agar iPhone dapat dicek lebih lanjut penyebab kerusakannya serta solusi memperbaikinya.

Memperbaikinya Sendiri

Tidak disarankan namun pengguna sebenarnya dapat mencoba memperbaikinya sendiri dengan membuka iPhone tersebut.

Namun memperbaiki iPhone sendiri cukup berisiko, belum tentu berhasil, dan membutuhkan banyak peralatan seperti beragam obeng-obeng berukuran kecil (obeng set untuk iPhone banyak dijual di internet atau toko offline), hairdryer untuk memanaskan seal agar iPhone mudah dibuka, dan lain sebagainya (silakan cek detail tutorial dengan mencarinya di YouTube).


Singkat cerita, jika iPhone sudah terbuka untuk mengatasinya kalian dapat mencoba mencabut konektor antara komponen-komponen pada iPhone seperti baterai, kamera, dan lain sebagainya yang terhubung ke logic board atau motherboard, kemudian memasangnya kembali dengan baik dan benar. Cek seluruh konektor dan pastikan sudah tidak ada lagi yang kendur atau lepas.

Jika beruntung setelah melakukan langkah perbaikan sendiri di atas iPhone dapat menyala dengan normal kembali dan masalah bootloop akan hilang. Namun jika tidak, masalah mungkin memang diakibatkan oleh kerusakan pada salah satu komponen.

Oke, itu saja informasi cara mengatasi iPhone yang sering Restart atau Mati-Nyala sendiri (Bootloop) setelah terjatuh. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!