Cek Keaslian Layar iPhone 6S, 7, 8, X, XR, dan XS melalui 3D Touch

3D Touch adalah teknologi sensitivitas tekanan layar yang pertama kali diperkenalkan oleh Apple melalui iPhone 6S dan iPhone 6S Plus. Dimiliki oleh 4 generasi iPhone fitur ini akhirnya tidak lagi digunakan secara total sejak dirilisnya jajaran iPhone 11.

Penggantinya pengguna mendapatkan fitur Haptic Touch yang teritegerasi secara efisien untuk pertama kalinya melalui iOS 12 di iPhone XR.


Nah, berhubung seluruh iPhone yang telah mendukung 3D Touch kini sudah tidak lagi diproduksi oleh Apple, cukup banyak beredar iPhone dengan kondisi second bahkan rekondisi yang dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Cek Kualitas Keaslian Layar iPhone Melalui 3D Touch

Untuk memastikan kalian mendapatkan iPhone dengan kualitas layar terbaik (syukur-syukur masih asli bawaannya), pada postingan kali ini Admin akan membagikan sedikit tips mudah dan singkat untuk memastikan kualitas dan keaslian layar iPhone melalui fitur 3D Touch.

Sebab pada umumnya iPhone yang sudah pernah diganti layar dengan yang tidak berkualitas ataupun pernah diganti housing akan menghilangkan atau mengurangi sensitivitas dari fitur 3D Touch.

Berikut daftar iPhone yang mendukung fitur 3D Touch:

  • iPhone XS Max
  • iPhone XS
  • iPhone X
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone 8
  • iPhone 7 Plus
  • iPhone 7
  • iPhone 6S Plus
  • iPhone 6S

Cek Sensitivitas 3D Touch iPhone

Di sini kita akan menggunakan aplikasi "Check My Device" untuk memeriksa sensitivitas tekanan 3D Touch pada layar dengan cukup detail.

Silakan download aplikasinya melalui link berikut: https://apps.apple.com/us/app/check-my-device/id1296632315 (Gratis)

Jika sudah buka aplikasi tersebut kemudian pilih menu "3D Touch Test"


Selanjutnya tekan layar dengan agak keras dan lihat apakah sensitivitas yang dideteksi berjalan dengan baik/akurat atau tidak.


Tips Lainnya

1. Cek True Tone

Selain dengan 3D Touch kalian juga dapat memeriksa keaslian dan kualitas layar iPhone dengan memastikan keberadaan fitur True Tone yang terdapat pada aplikasi Pengaturan > Tampilan & Kecerahan.


Fitur True Tone dimiliki mulai dari iPhone 8 hingga iPhone terbaru saat ini (iPhone 13 Pro Max).

2. Cek Multitouch Layar

Umumnya iPhone dapat menerima input sentuhan hingga 5 jari sekaligus, untuk mengeceknya silakan gunakan aplikasi Check My Device di atas dan pilih menu Multi-Touch Test.

3. Cek OLED atau Bukan

Beberapa iPhone seperti iPhone X, XS, XS Max, 11 Pro, 11 Pro Max, seluruh jajaran iPhone 12 dan iPhone 13 telah menggunakan layar OLED.

Untuk memeriksa apakah layar tersebut benar merupakan layar OLED silakan download atau simpan gambar full hitam di bawah berikut:


Jika sudah matikan lampu di ruangan kalian hingga benar-benar gelap dan buka gambar tersebut hingga menjangkau seluruh layar.

Apabila layar iPhone terdeteksi tidak mengeluarkan cahaya saat menampilkan tampilan hitam berarti layar iPhone tersebut merupakan layar OLED. Sederhana bukan?

4. Gunakan 3uTools

3uTools adalah aplikasi komputer yang digunakan untuk memeriksa keaslian komponen-komponen pada iPhone dengan membandingkan nomor serinya.

Untuk memeriksa keaslian komponen iPhone termasuk layarnya menggunakan 3uTools silakan cek cara-cara pada postingan berikut: Cara Cek LCD/Layar iPhone Original Atau Tidak Menggunakan 3uTools

Namun, ingat beberapa iPhone mulai dari iPhone 6S hingga iPhone X berisiko besar dapat dimanipulasi skor 3uToolsnya, selengkapnya cek di sini: Hati-Hati Skor 3uTools Bisa Diubah Dengan Mudah

Penutup...

Memeriksa layar iPhone memang susah-susah gampang, tetapi apabila sudah melewati tahap-tahap di atas dengan baik bisa dipastikan bahwa layar di iPhone kalian masih asli bawaannya atau setidaknya menggunakan layar pengganti yang berkualitas.

Oke, itu saja informasi cara cek keaslian layar iPhone 6S hingga iPhone XS yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih.