Mengatasi Layar Laptop Tidak Menyala Setelah Sleep

Tidak sedikit pengguna yang mengalami masalah ketika akan menyalakan kembali laptop yang di-sleep atau ter-sleep secara otomatis sebelumnya, layar laptop tidak mau menyala, padahal laptop terindikasi sudah meyala jika dilihat dari suara kipas, lampu indikator, atau lampu keyboard (jika ada).


Untuk memperbaiki masalah ini sebenarnya cukup mudah ada beberapa cara ampuh yang dapat kalian coba, namun begitu akan menjadi masalah tersendiri apabila terdapat pekerjaan atau dokumen yang belum sempat disimpan sebelumnya.

Baik, kalau begitu langsung saja ikuti salah satu cara-cara di bawah berikut untuk mengatasinya.

Tutup Layar Kemudian Buka Kembali

Cukup sederhana, silakan tutup layar laptop selama beberapa detik lalu buka kembali (ulangi jika perlu). Apabila beruntung maka layar laptop akan menyala normal setelah layar dibuka.

Cabut dan Charge Ulang

Trik ini cukup sederhana, silakan cabut charger dari laptop (apabila terpasang) kemudian coba kembali. Lakukan hal yang sebaliknya apabila laptop dalam keadaan tidak sedang dicharge.

Force Restart

Nah, cara ini termasuk yang paling ampuh sayangnya apabila terdapat pekerjaan atau dokumen yang belum tersimpan sebelumnya, maka risiko kehilangan menjadi kekurangan cara ampuh ini.

Caranya silakan tekan dan tahan terus tombol Power (yang digunakan untuk menyalakan laptop juga) hingga laptop mati. Jika sudah, silakan tekan kembali tombol Power untuk menyalakan laptop.

Seharusnya dengan cara ini layar laptop sudah dapat menyala kembali.

Penutup...

Untuk mencegah masalah serupa terjadi pastikan kesehatan baterai laptop tetap terjaga (tidak drop) serta rutin lah mengupdate sistem operasi ke versi terbaru yang tersedia.

Oke itu saja informasi cara mengatasi layar laptop yang tidak mau menyala setelah sleep. Apabila ada yang ingin disampaikan, tanyakan, atau mungkin ada yang mau menambahkan? langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.