Mengapa iPhone Jadi Lebih Lama Dicas Setelah Ganti Baterai Baru?

Baterai iPhone yang sudah menyebabkan beragam masalah atau Battery Health/Kesehatan Baterai-nya telah menurun jauh sudah seharusnya diganti untuk mengembalikan fungsi normal iPhone.

Namun, tidak sedikit pengguna yang merasakan bahwa setelah diganti ke baterai yang baru iPhone mereka menjadi lebih lama saat dicas dibandingkan sebelum diganti baterai.

Apa penyebabnya dan apakah hal ini normal?

Penyebab iPhone Lebih Lama Dicas Setelah Ganti Baterai Baru


iPhone yang menjadi lebih lama dicas setelah diganti ke baterai yang baru adalah hal yang sangat normal. Hal ini menandakan bahwa kapasitas asli baterai iPhone sudah kembali seperti semula sehingga pengisian daya akan menjadi lebih lama.

Perlu diketahui bahwa baterai yang drop atau kesehatan baterai menurun jauh merupakan efek dari penurunan kemampuan baterai dalam menyimpan daya maksimal.


Sebagai contoh, spesifikasi kapasitas daya tampung baterai iPhone 13 Pro Max yakni sebesar 4.352 mAh (kondisi baterai baru) yang ditandai dengan Kesehatan Baterai sebesar 100%. Seiring waktu Baterai akan kehilangan kemampuan dalam mengisi daya yang ditandai dengan menurunnya Kesehatan Baterai, misalnya jadi 90% yang artinya kapasitas daya tampung baterai menurun dari 4.352 mAh menjadi sekitar 3.916 mAh.

Akibat dari kehilangan kemampuan dalam menyimpan daya inilah yang menjadi penyebab mengapa waktu pengisian daya menjadi lebih cepat, dan ketika diganti ke baterai yang baru dengan kapasitas penyimpanan daya yang masih utuh/besar kembali, maka pengisian daya akan terasa lebih lama padahal termasuk normal.


Berapa Lama Waktu Pengisian Daya yang Normal?


Bagi pengguna iPhone dengan baterai besar seperti iPhone 6S Plus, 7 Plus, 8 Plus, X, XR, XS Max, 11 Pro, 11 Pro Max, 12, 12 Pro, 12 Pro Max, 13, 13 Pro, 13 Pro Max, dan seterusnya, dengan charger adaptor 5W bawaan iPhone diperlukan sekitar 3 jam atau lebih untuk mengisi daya baterai dari 0% hingga penuh. Sedangkan akan sedikit lebih cepat untuk iPhone berkapasitas baterai kecil.

Untuk Fast Charging sendiri biasanya membutuhkan waktu yang lebih cepat, yakni sekitar 2 jam.


Penutup...

Bagaimana sudah tau mengapa iPhone jadi lebih lama ketika dicharge setelah ganti ke baterai yang baru?

Yang termasuk tidak normal adalah ketika pengisian daya bisa memakan waktu hingga lebih dari 6 jam. Hal ini umumnya disebabkan oleh masalah pada charger, komponen baterai pengganti, atau iPhone yang mengalami overheat.