Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Lama Penuh saat Dicas / Charge

Tidak sedikit pengguna yang melaporkan bahwa iPhone mereka memakan waktu yang sangat lama untuk mengisi daya / ngecas hingga penuh, entah itu terjadi sejak awal saat menggunakan iPhone atau baru terjadi secara tiba-tiba.


Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Lama Penuh saat Dicas / Charge

1. Menggunakan Charger Adapter 5W bawaan iPhone

Saat ini hampir rata-rata iPhone hadir dengan adapter (kepala charger) yang memiliki rating daya sebesar 5 Watt (standar). Dengan adapter charger bawaan iPhone sebesar 5 W tersebut, dibutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk dapat mengisi penuh baterai iPhone dari 0 hingga 100%, dan hal ini sangat normal.

Jadi, bagi yang baru pertama kali menggunakan iPhone dan menemukan iPhone lama saat mengisi daya yakni sekitar 3 jam dari 0 ke 100%, berarti adapter charger yang digunakan merupakan adapter 5 W yang memang menjadi standar bawaan pabrik banyak iPhone.

Solusinya? khusus bagi pengguna iPhone 8 atau lebih baru kalian dapat menggunakan adapter Fast Charging yang dijual terpisah, khususnya Adapter dengan kabel USB-C ke Lighting. Besaran daya yang didukung yakni 18 W, 20 W, 29 W, 30 W, 61 W, 87 W, dan 96 W.

Untuk jajaran iPhone 12, dibutuhkan setidaknya adapter sebesar 20 W untuk melakukan fast charging.

Dengan menggunakan Adapter Fast Charging pengguna dapat mengisi daya iPhone sekitar 50% hanya dalam waktu 30 menit saja.

2. Dicas Sambil Dimainkan

Memainkan iPhone selagi dicas sudah pasti dapat memperlambat pengisian daya secara signifikan, apalagi jika digunakan untuk hal yang membebani kinerja iPhone seperti bermain game, video call, merekam video, dan lain sebagainya.

Solusinya tentu saja untuk tidak menggunakan iPhone selama dicas.

3. Lubang Port Charger Kotor

Apabila melambatnya pengisian daya terjadi secara tiba-tiba, ada kemungkinan Port Charger atau Lubang Charger pada iPhone kotor dan terhalang oleh debu sehingga menyebabkan arus pengisian daya tidak optimal.

Solusinya coba bersihkan Lubang Charger iPhone dengan cara ditiup atau gunakan bahan yang tidak menghantarkan listrik seperti tusuk gigi kayu, kemudian bersihkan kotoran yang ada di dalam lubang charger secara perhalan / halus. Selain itu bersihkan juga konektor charger dari kabel menggunakan kain halus dan kering.

Jika sudah coba lagi dan lihat hasilnya.

4. Charger Bermasalah

Adapter Charger serta kabelnya yang bermasalah juga dapat menyebabkan pengisian daya terasa lebih lambat dari biasanya.

Solusinya sederhana, yakni coba gunakan charger yang lain dan lihat hasilnya, apabila berhasil ada kemungkinan charger yang kalian gunakan sebelumnya bermasalah, entah karena kabelnya atau adapternya (silakan uji sendiri).

5. iPhone Mengalami Panas Berlebih

Hal ini masih ada hubungannya dengan cara kedua di atas yakni semakin panas iPhone biasanya baterai akan lebih lama untuk mengisi daya, entah karena sambil dimainkan atau memang suhu sekitar sedang panas. Tak terkecuali jika pengguna menggunakan Fast Charging atau Wireless Charging yang memang akan membuat iPhone sedikit panas ketika dicas, hal ini normal.

Solusinya, coba dinginkan iPhone terlebih dahulu dengan melepas casenya atau jangan dimainkan selama proses charging berlangsung.

Tips Mempercepat Pengisian Daya (Ngecas / Charge) Baterai iPhone


Selain cara-cara di atas, kalian juga dapat mengikuti beberapa tips berikut untuk mempercepat atau setidaknya mengoptimalkan pengisian daya baterai iPhone.

  • Restart iPhone dan coba cas kembali
  • Gunakan charger yang asli dan berkualitas
  • Gunakan adapater fast charging jika memungkinkan
  • Hindari menggunakan iPhone ketika dicas
  • Tutup seluruh aplikasi pada iPhone yang masih terbuka
  • Pastikan iPhone teraliri udara segar saat dicas
  • Lepas case iPhone agar aliran udara segar menjadi lebih baik
  • Aktifkan Mode Hemat Daya untuk mengurangi aktivitas latar belakang iPhone
  • Aktifkan Mode Pesawat untuk menonaktifkan sementara jaringan seluler

Tips di atas dapat kalian gunakan untuk mempercepat atau setidaknya mengoptimalkan iPhone dalam mengisi daya. Selain itu coba coba juga update iOS ke versi terbaru apabila tersedia.

Apabila tidak ada satupun cara atau tips di atas yang berhasil diterapkan apalagi jika sudah coba menggunakan charger yang baru namun hasilnya tetap sama, cek juga kesehatan baterai pada iPhone melalui Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Kesehatan Baterai yang buruk atau bermasalah tidak menutup kemungkinan menyebabkan iPhone sulit dan lama ketika diisi daya / dicas.

Solusi terakhir, kalian dapat membawa iPhone tersebut ke service center Apple authorized untuk dicek penyebabnya lebih lanjut.