Cara Lupa Password Akses Terpandu / Guided Access di iPhone dan iPad

Akses Terpandu atau Guided Access merupakan salah satu fitur aksesibilitas pada iPhone yang berfungsi untuk tetap menjaga aplikasi terbuka dan membatasi navigasi pada iPhone. Singkatnya pengguna dapat membatasi agar tidak bisa keluar dari aplikasi yang sudah ditentukan dengan cara menonaktifkan navigasi, menonaktifkan fungsi tombol, keyboard, area sentuhan pada layar, dan lain sebagainya.


Meskipun begitu untuk mengaktifkan fitur Akeses Terpandu pengguna diharuskan mengatur Password, fungsinya tentu untuk memastikan bahwa hanya pemilik dan pengatur Akses Terpandu tersebut sajalah yang dapat menonaktifkannya.

Namun tidak sedikit laporan bahwa pengguna lupa dengan password / kode sandi Akses Terpandu yang mereka sudah atur sebelumnya.

Sebenarnya untuk mengatasi masalah tersebut sangatlah mudah, pengguna cukup melakukan Force Restart atau Restart Paksa pada iPhone. Setelah restart selesai maka fitur Akses Terpandu akan dinonaktifkan dan pengguna dapat mengaturnya kembali melalui aplikasi Pengaturan dengan password baru.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk Force Restart atau mengatasi iPhone yang lupa password / sandi Akses Terpandu.

Cara Mengatasi iPhone Lupa Password Akses Terpandu / Guided Access

Cara ini menggunakan metode Force Restart atau Restart Paksa, yakni memulai ulang sistem iPhone secara paksa (seperti mematikan iPhone kemudian menyalakannya kembali) yang akan mereset fitur Akses Terpandu.

Untuk iPhone dan iPad Tanpa tombol Home / Utama seperti iPhone X, XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro, 11 Pro Max, 12, 12 Mini, 12 Pro, 12 Pro Max, dan seterusnya:

  • Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
  • Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
  • Tekan dan Tahan terus tombol Power / Lock hingga iPhone restart

Khusus untuk iPhone 7 dan iPhone 7 Plus:

  • Tekan dan Tahan terus tombol Volume Bawah bersamaan dengan tombol Power / Lock hingga iPhone Restart

Untuk iPhone dan iPad dengan tombol Home / Utama seperti iPhone SE Gen-2 (2020), 6S, 6S Plus, SE Gen-1, 6 Plus, 6, 5S, iPad 8, Mini 5, Air 3, dan seterusnya:

  • Tekan dan Tahan terus tombol Power / Lock bersamaan dengan tombol Home / Utama hingga iPhone Restart

Setelah restart selesai maka fitur Akses Terpandu / Guided Access akan dinonaktifkan.

Mengatur Ulang Password Akses Terpandu

Setelahnya kalian dapat mengatur ulang fitur Akses Terpandu termasuk passwordnya melalui Pengaturan (Settings) > Aksesibilitas (Accessibility) > Akses Terpandu (Guided Access).

Selain itu pada pengaturan tersebut kalian juga dapat mengaktifkan fitur konfirmasi dengan Face ID / Touch ID untuk mengakhiri fitur Aksesibilitas lebih cepat.

Baik itu saja informasi cara mengatasi iPhone yang lupa password / kode sandi Akses Terpandu / Guided Access. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah, terima kasih.