Cara Mengatasi iPhone Stuck di Mengatur Bahasa / Setting Language

Meskipun jarang terjadi, namun tidak sedikit laporan dari pengguna bahwa iPhone, iPad, maupun iPod touch mereka mengalami stuck atau tertahan pada tampilan Mengatur Bahasa / Setting Language setelah mengkonfirmasi perubahan pengaturan bahasa.


Saat stuck terjadi iPhone biasanya menjadi tidak responsif dalam arti semua tombol tidak berfungsi, sehingga iPhone tidak bisa keluar dari tampilan Mengatur Bahasa / Setting Language tersebut ataupun sekedar menampilkan menu untuk mematikan iPhone.

Jika kalian salah satu pengguna yang mengalaminya maka tidak perlu khawatir, hal tersebut umumnya hanya disebabkan oleh Bug pada iOS dan dapat dengan sangat mudah diatasi. Yakni dengan menggunakan metode Force Restart atau Restart Paksa.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Mengatasi iPhone Stuck di Mengatur Bahasa / Setting Language

Cara ini menggunakan metode Force Restart atau Restart Paksa, yakni me-restart iPhone yang tiba-tiba tidak dapat merespon apapun, prosesnya sama seperti mematikan iPhone (namun secara paksa) kemudian dinyalakan kembali (secara otomatis).

Untuk iPhone dan iPad Tanpa tombol Home / Utama seperti iPhone X, XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro, 11 Pro Max, 12, 12 Mini, 12 Pro, 12 Pro Max, dan seterusnya:

  • Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
  • Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
  • Tekan dan Tahan terus tombol Power / Lock hingga iPhone restart

Khusus untuk iPhone 7 dan iPhone 7 Plus:

  • Tekan dan Tahan terus tombol Volume Bawah bersamaan dengan tombol Power / Lock hingga iPhone Restart

Untuk iPhone dan iPad dengan tombol Home / Utama seperti iPhone SE Gen-2 (2020), 6S, 6S Plus, SE Gen-1, 6 Plus, 6, 5S, iPad 8, Mini 5, Air 3, dan seterusnya:

  • Tekan dan Tahan terus tombol Power / Lock bersamaan dengan tombol Home / Utama hingga iPhone Restart

Setelah restart selesai maka iPhone akan menjadi normal kembali, apabila ditemukan bahasa belum juga terubah silakan ubah kembali bahasanya dan kali ini mungkin tidak akan stuck lagi.

Masih juga stuck ketika melakukan perubahan bahasa? coba update ke iOS versi terbaru jika tersedia dan coba kembali setelah update selesai.

Baik itu saja cara mengatasi iPhone stuck di tampilan Mengatur Bahasa / Setting Language. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.