Cara Mengganti Suara Charger iPhone saat Dicas dan Dilepas

Ingin mengganti, mengubah, atau membuat sendiri suara (bunyi) charger iPhone, iPad, maupun iPod touch? dalam arti ketika iPhone dihubungkan ke pengisian daya (charging) atau pun dicabut dari pengisian daya, akan muncul suara yang sudah diatur sebelumnya.


Sumber suara tersebut bisa berasal dari teks yang kalian ketikan, kemudian akan dibacakan menjadi sebuah suara.

Bagaimana keren kan? cara-cara ini dapat kalian lakukan cukup menggunakan aplikasi Pintasan (Shortcuts) bawaan iPhone, dalam arti tanpa perlu jailbreak.

Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut ini.

Cara Mengganti Suara Charger iPhone saat Dicas dan Dilepas

1. Buka aplikasi Pintasan (Shortcuts) bawaan iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Automasi (Automation) lalu pilih Buat Automasi Pribadi (Create Personal Automation)


3. Selanjutnya cari dan pilih menu Pengisian Daya (Charger) dan pilih menu Tersambung (Is Connected) untuk mengatur suara ketika iPhone dihubungkan ke Charger, lalu tap menu Berikutnya (Next)


4. Kemudian pilih menu Tambah Tindakan (Add Action) lalu pada pencarian silakan masukkan kata kunci "Ucapkan Teks" (bahasa inggris: Speak Text) lalu pilih menu Ucapkan Teks (Speak Text) pada hasil pencarian


5. Sekarang tap pada menu Teks (Text) seperti yang ditunjukkan gambar di bawah, lalu masukkan / ketikan kata-kata yang akan dijadikan suara dan diputar ketika charger dihubungkan ke iPhone


Sebagai catatan, kalian dapat mengubah jenis suara yang membacakan teks tersebut, disarankan apabila teks yang akan dibacakan berbahasa Indonesia pilih pengisi suara bahasa Indonesia, begitu juga untuk bahasa Inggris dan yang lainnya.

Caranya, tap pada icon Panah + Lingkaran (show more) disamping / dibawah teks, lalu pilih menu Bahasa (Language). Selain itu kalian juga dapat mengatur laju suara beserta nadanya.


6. Jika sudah tap pada menu Berikutnya (Next) kemudian nonaktifkan menu Tanya Sebelum Menjalankan (Ask Before Running) lalu tap Jangan Tanya (Don't Ask) lalu tap Selesai (Done)


7. Selesai, sekarang coba hubungkan iPhone kalian ke Charger dan lihat hasilnya. Pastikan Volume iPhone dalam keadaan aktif (tidak disilent) dan gunakan Volume Tinggi agar dapat terdengar lebih jelas.

Mengatur Suara saat Charger iPhone Dicabut

Lalu bagaimana dengan suara saat charger iPhone dicabut? caranya hampir sama, namun pada langkah ke 3 di atas (perhatikan gambar), silakan nonaktifkan pilihan pada menu Tersambung (Connected) kemudian aktifkan pilihan Terputus (Is Disconnected) saja. Berikut contohnya:


Jika sudah, silakan lanjutkan seperti cara-cara yang sudah dijelaskan di atas.

Selain itu kalian juga bisa mengkreasikan untuk banyak Automasi lainnya, seperti misalnya ketika membuka aplikasi, level baterai berada di angka tertentu, dan lain sebagainya.

Untuk mengedit atau menghapus Automasi, silakan masuk ke aplikasi Pintasan (Shortcuts) > Automasi (Automation) kemudian tap pada Automasi yang tadi sudah dibuat untuk diedit, atau usap ke arah kiri untuk dihapus.


Oke, itu saja informasi cara mengganti, mengubah, atau membuat suara charger di iPhone, iPad, dan iPod touch melalui aplikasi Pintasan / Shortcuts. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih :)