Game iPhone Tiba-Tiba Jadi Ngelag? Mungkin ini Penyebabnya

iPhone tiba-tiba menjadi ngelag (animasi patah-patah) saat bermain game padahal sebelumnya normal-normal saja? mungkin hal ini dapat menjadi penyebabnya, yaitu aktifnya fitur Low Power Mode atau Mode Daya Rendah.


Low Power Mode merupakan fitur pada iPhone yang digunakan untuk menghemat penggunaan baterai dengan menonaktifkan fitur-fitur yang berpotensi menggunakan banyak baterai, contohnya menonaktifkan update serta backup data otomatis, menoanktifkan fetch dan push email, mengurangi waktu kunci otomatis layar, dan lain sebagainya.

Namun banyak yang tidak menyadari bahwa Low Power Mode juga menurunkan kecerahan maksimal pada layar serta membatasi performa maksimal iPhone.

Low Power Mode Membatasi Performa Maksimal iPhone

Selain menonaktifkan fitur-fitur yang berpotensi menguras baterai secara diam-diam, Low Power Mode diketahui membatasi performa maksimal iPhone sehingga pengguna yang biasanya menjalankan aplikasi serta game dengan cepat dan lancar, mungkin akan merasakan penurunan kecepatan serta game yang menjadi lebih agak ngelag.

Dari penemuan yang Admin temukan, hasil benchmark berikut dapat menjadi bukti bahwa Low Power Mode memang membatasi performa maksimal iPhone.

Geekbench ML: Gambar Kiri Normal, Gambar Kanan dengan Low Power Mode

Geekbench 4: Gambar Kiri Normal, Gambar Kanan dengan Low Power Mode

Nah, jadi apabila ditemukan Low Power Mode di iPhone kalian sedang dalam keadaan aktif silakan nonaktifkan dan coba lihat kembali hasilnya.

Low Power Mode atau Mode Daya Rendah dapat dinonaktifkan melalui Pusat Kontrol (icon baterai) atau aplikasi Pengaturan (Settings) > Baterai (Battery).

Solusi Game iPhone Tiba-Tiba Jadi Ngelag Lainnya

Apabila menonaktifkan Mode Daya Rendah tidak mengatasi masalah, coba lakukan beberapa tips berikut ini:

  • Restart iPhone dan coba kembali
  • Pastikan iPhone tidak dalam keadaan mengalami panas berlebih
  • Pastikan baterai iPhone dalam keadaan cukup terisi
  • Tutup aplikasi yang masih berjalan di latar belakang sebelum menjalankan game
  • Coba turunkan pengaturan grafik dalam game
  • Update aplikasi atau game ke versi terbaru apabila tersedia
  • Update juga iOS ke versi terbaru apabila tersedia

Selain itu apabila iPhone dalam keadaan sedang diisi daya, coba dicabut dulu dan cek hasilnya. Tidak jarang kualitas charger yang buruk atau menandakan kerusakan, dapat menyebabkan layar iPhone sulit disentuh.

Kemungkinan lainnya datang dari game yang mungkin sedang bermasalah, cek pada game lainnya apakah mengalami hal serupa atau tidak.

Selanjutnya cek juga kesehatan baterai iPhone melalui Pengaturan (Settings) > Baterai (Battery) > Kesehatan Baterai (Battery Health). Apabila kesehatan baterai (Kapasitas Maksimum / Maximum Capacity) menunjukkan angka di bawah 80%, serta muncul peringatan "iPhone ini telah dimatikan tiba-tiba karena baterai tidak dapat menghantarkan daya puncak yang diperlukan.." maka kesehatan baterai dapat menjadi penyebabnya.

Membiarkan kesehatan baterai terus menurun dapat menyebabkan kinerja iPhone menjadi terganggu, bahkan iPhone bisa mengalami restart secara tiba-tiba saat menjalankan aplikasi atau game yang membutuhkan performa tinggi.