Apa Saja yang Membuat Kesehatan Baterai iPhone Menurun?

Dirilis oleh Apple melalui iOS 11.3 fitur Kesehatan Baterai atau Battery Health kini menjadi salah satu perhatian utama banyak pengguna iPhone.

Fitur Kesehatan Baterai atau Battery Health akan menampilkan status kesehatan baterai iPhone, mulai dari kapasitas maksimum yang masih dapat ditampung oleh baterai serta kemampuan baterai dalam menghantarkan daya.


Baterai iPhone yang baru masih memiliki daya tampung maksimal sesuai dengan spesifikasinya, namun seiring dengan waktu daya tampung maksimal tersebut dapat berkurang secara permanen sehingga menyebabkan baterai menjadi terasa lebih boros.

Menurunnya kesehatan baterai secara signifikan (umumnya di bawah 80%) dapat menimbulkan banyak masalah yang lebih serius disamping sekedar baterai menjadi boros, contohnya seperti iPhone melambat, animasi nge-lag, aplikasi di latar belakang perlu dimuat ulang, layar lebih redup, dan pengurangan volume pada speaker.

Lalu apa saja sih hal yang membuat Kesehatan Baterai (Battery Health) iPhone bisa menurun?

Penyebab Kesehatan Baterai (Battery Health) iPhone Menurun


Sebelum melanjutkan kita perlu memahami baterai yang digunakan oleh iPhone.

iPhone menggunakan baterai litium ion. Dibandingkan baterai trandisional lainnya, baterai litium ion dapat mengisi daya lebih cepat, bertahan lebih lama, serta kepadatan daya yang tinggi untuk kekuatan baterai yang lebih lama namun tetap ringan.

Semua baterai isi ulang merupakan komponen habis pakai dan memiliki masa pakai yang terbatas, yakni kapasitas dan kinerja baterai dapat menurun sehingga perlu diganti. Jadi, tidak peduli bagaimanapun kalian menggunakan iPhone tersebut bahkan tidak digunakan sekalipun, kesehatan baterainya akan tetap menurun.

Untuk lebih tepatnya penurunan tersebut disebabkan oleh faktor utama berikut.

1. Waktu

Kesehatan Baterai iPhone dapat menurun seiring dengan berjalannya waktu meskipun iPhone dalam kondisi sedang tidak digunakan, namun begitu hal ini dapat terjadi dalam jangka waktu yang sangat-sangat lama.

2. Penggunaan

Disamping waktu, penggunaan iPhone sehari-hari akan menurunkan kapasitas serta kinerja baterai secara perlahan.

3. Siklus Pengisian Daya

Jumlah Siklus Pengisian daya juga sangat mempengaruhi kesehatan baterai, semakin banyak iPhone diisi daya atau semakin banyak siklus pengisian dayanya, pertanda akan semakin menurunnya kesehatan baterai.

Faktor Pendukung Lainnya


Disamping 3 faktor utama di atas, ada beberapa faktor pendukung yang membuat kesehatan baterai iPhone dapat menurun dengan lebih cepat, tepatnya tergantung perawatan yang diberikan oleh pengguna.

Berikut adalah faktor pendukung yang menyebabkan Kesehatan Baterai iPhone cepat menurun:

  • iPhone terkhusus baterainya sering mengalami panas berlebih
  • Sering membiarkan iPhone diisi daya secara terus menerus meskipun telah penuh 100%
  • Sering membiarkan daya baterai iPhone hingga benar-benar habis dan mati
  • Sering menggunakan iPhone secara berlebihan sambil diisi daya
  • Sering mengisi daya iPhone melalui sembarang sumber
  • Menggunakan charger berkualitas rendah
  • Sering menggunakan kecerahan layar paling tinggi yang membuat baterai cepat habis serta cepat panas

Lalu adakah solusi untuk setidaknya memperlambat kesehatan baterai menurun? tentu, untuk menekan siklus pengisian daya disarankan untuk menghemat penggunaan baterai seperti mengurangi kecerahan layar, menghapus aplikasi tidak diperlukan, menonaktifkan fitur-fitur yang sedang tidak digunakan, dan lain sebagainya.

Selain itu sebisa mungkin hindari menggunakan iPhone secara berlebihan ketika sedang diisi daya, hindari panas berlebih seperti jangan memainkan iPhone secara berlebihan saat kondisi suhu sekitar sedang panas, segera isi daya iPhone ketika sudah menyentuh angka sekitar 20%, hindari membiarkan baterai benar-benar habis / kosong, selalu gunakan charger berkualitas dan asli, selengkapnya: Cara Memperlambat Penurunan Kesehatan Baterai iPhone

Apabila kesehatan baterai telah menyentuh di bawah angka 80%, mengganti komponen baterai ke yang baru merupakan solusi tepat untuk mengembalikan performa iPhone menjadi normal kembali.