Cara Cek Battery Health/Kesehatan Baterai Apple Watch

Sama seperti iPhone dan kebanyakan smartphone lainnya, komponen baterai yang digunakan oleh Apple Watch akan berkurang kemampuan daya tampungnya seiring dengan waktu dan penggunaan, hal ini bersifat permanen.

Semakin rendah daya tampung baterai berarti semakin cepat juga baterai akan habis ketika digunakan (boros).


Berkurangnya kesehatan baterai secara signifikan dapat mengganggu stabilitas perangkat, dan yang terburuk, perangkat tidak dapat beroperasi secara normal kembali. Solusinya yakni mengganti baterai pada perangkat ke baterai yang baru.

Meski begitu pengguna tidak perlu khawatir, sebab penurunan kesehatan baterai serta dampaknya baru akan terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama, bisa bertahun-tahun tergantung penggunaan.

Namun begitu, penting juga untuk tidak mengabaikan kesehatan baterai agar tahu waktu yang tepat untuk segera melakukan penggantian ke baterai yang baru.

Cara Cek/Melihat Kesehatan Baterai (Battery Health) Apple Watch

1. Akses halaman utama (home screen) Apple Watch dengan menekan tombol Digital Crown

2. Kemudian buka aplikasi Pengaturan (Settings)

3. Jika sudah masuk ke menu Baterai (Battery)

4. Sekarang usap ke bawah dan pilih menu Kesehatan Baterai (Battery Health)


5. Terakhir kalian akan menemukan menu Kapasitas Maksimum (Maximum Capacity) sebagai indikator daya tampung maksimal yang masih dapat ditampung oleh baterai serta keterangan lainnya yang menunjukkan kondisi baterai


Apabila kesehatan baterai (battery health) sudah menunjukkan angka 80% atau lebih rendah, hal tersebut sudah menandakan baterai mungkin perlu untuk segera diganti. Sebab membiarkan kesehatan baterai Apple Watch menurun secara signifikan dapat menyebabkan Apple Watch tidak dapat beroperasi secara normal.

Tetapi sekali lagi tidak perlu terlalu khawatir, penurunan kesehatan baterai hingga menyentuh angka 80% biasanya terjadi dalam kurun waktu 2 hingga 3 tahun penggunaan penuh. Dalam beberapa kasus, perangkat masih dapat digunakan secara normal meskipun kesehatan baterai telah menyentuh angka hingga 75%, di bawah itu tentu saja dampaknya akan semakin terasa dan sudah waktunya baterai untuk segera diganti baru.